Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Selasa, 26 Maret 2019

SENTUHAN MUHAMMADIYAH, MEMAJUKAN BANGSA



Judul               : Percik Pemikiran Tokoh Muhammadiyah untuk Indonesia Berkemajuan
Penulis             : Tim Penulis MPI PP Muhammadiyah
Penerbit           : Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah, 2018
Tebal               : 294 halaman
Telah satu abad lebih Muhammadiyah menyinari bumi pertiwi dengan kemajuan berbagai bidang. Selama itu  pula Muhammadiyah telah melahirkan tokoh-tokoh berbagai bidang. Mereka telah meninggalkan jejak dan pemikiran untuk mencerahkan bangsa sesuai bidang masing-masing.
Sejak awal, Muhammadiyah telah berkomitmen dan bertsnggung jawab yang tinggi untuk memajukan bangsa dan negara. Sejak kepemimpinan KHA Dahlan dan Ny. Walidah dan kepemimpinan sesudahnya sampai kini, Muhammadiyah telah mengambil peran akif dalam usaha kebangkitan bangsa, meraih dan mengisi  kemerdekaan.
Dengan manajemen profesional, Muhammadiyah telah mampu menyentuh tanah menjadi sekolah bermutu, perguruan tinggi berbobot, rumah sakit, masjid, panti asuhan dan lainnya. Bermodal uang sedikit, Muhammadiyah melalui Lazismu ternyata mampu menghimpun milyaran rupiah untuk kesejahteraan umat, dan mampu menyentuh ranah kemanusiaan nasional/internasional dengan tidak membedakan suku, agama, ras, maupun paham.
Buku ini merupakan pengembangan pemikiran dari buku yang diterbitkan sebelumnya, yakni 100 Tokoh Muhammadiyah yang Mengispirasi. Buku ini membahas perjalanan hidup para tokoh. Sedangkan buku Percikan Pemikiran pembahasannya pada hasil pemikiran tokoh dan langkah mereka yang terekam dalam berbagai media seperti dalam bentuk artikel, makalah, sambutan yang terekam, buku , maupun rekaman lain. Semula buku ini direncanakan akan menyajikan percikan pemikiran sekitar 200 orang, namun karena berbagai pertimbangan dan keadaan, baru 60 tokoh yang pemikirannya disajikan dalam  buku ini. Selebihnya akan ditulis pada tahun – tahun mendatang.
Muhammadiyah memiliki etos kerja progresif dalam berbagai bidang untuk kemajuan bangsa dan tegaknya bernegara.  Secara garis besar etos kerja berkemajuan itu dapat dibagi menjadi:
Pertama, etos berkemajuan di bidang ibadah. Yakni mendayagunakan sumber daya untuk membentuk kesalehan individu dan mengaktualisasikan umat untuk membangkitkan kesalehan sosial.
Kedua, etos berkemajuan di bidang ekonomi dan sosial.
Ketiga, etos berkemajuan di bidang pendidikan dan kebudayaan
Keempat, etos berkemajuan di bidang politik dan pemerintahan
Kelima, etos berkemajuan di bidang informasi.
            Pembahasan dalam buku ini dibagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama membahasa etos berkemajuan Muhammadiyah dan peran Muhammadiyah dalam mengawal perjalanan bangsa. Pada bagian kedua menampilkan pemikiran tokoh-tokoh Muhammadiyah seperti KHA Dahlan, Buya Syafi’i, Dadang Kahmad. Hajriyanto Y.Thohari, Said Tuhuleley, dan Rahmawati Husien yang menyoroti tentang percik-percik pemikiran untuk Indonesia Berkemajuan. Kemudian pada bagian keempat menyajikan pemikiran tokoh-tokoh Muhammadiyah dalam berbagai bidang untuk Indonesia Berkemajuan. Pemikiran-pemikiran itu antara lain disampaikan oleh Kiyai Badawi, Pak AR, AM Fatwa, Abdul Hadi WM, Ki Bagus Hadikusumo, Kasman Singodimedjo, M. Busyro Muqoddas, Amin Abdullah, M. Rasjidi, Baroroh Baried, Soekarno, dan lainnya. Penerbitan buku ini akan disusul penerbitan buku berikutnya, karena masih banyak pemikiran tokoh Muhammadiyah dalam berbagai bidang yang ternyata belum terangkum disini.

Lasa Hs




0 komentar:

Posting Komentar