Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Selasa, 19 Maret 2019

Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi JAWS bagi Penyandang Tunanetra

Selasa, 19 Maret 2019 Perpustakaan UMY  menyelenggarakan sosialisasi aplikasi JAWS. JAWS merupakan sebuah aplikasi yang dapat membacakan teks yang ada di komputer, sehingga penyandang tunanetra mudah dalam mengoperasikan komputer

Acara tersebut diikuti oleh 30 orang tunanetra dan pendamping, yakni dari Yaketunis dan SLB Bantul. Program ini diselenggarakan untuk meningkatkan layanan perpustakaan terutama untuk pemustaka berkebutuhan khusus.

Materi disampaikan oleh Bapak Puji Widodo, beliau menjelaskan bahwa tuna netra itu terdiri dari 3 jenis, yaitu total blind, low vision, dan MDVI.

  • Total blind merupakan tunanetra total, sehingga ia sama sekali tidak bisa melihat
  • Low vision merupakan jenis tunanetra namun belum total, sehingga ia dapat melihat tulisan dengan font 12 ke atas, namun kelihatan remang - remang
  • MDVI yaitu tunanetra yang disertai dengan kebutuhan khusus lainnya. Misalnya tunanetra dan tunarungu, dsb.


Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa dengan adanya pelatihan ini, membuktikan bahwa UMY mempunyai perhatian terhadap mereka, UMY dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan perkulihaan bagi mereka yang berkebutuhan khusus.

Dalam kesempatan itu, beliau juga memberikan motivasi kepada peserta, karena dibalik ujian yang diberikan oleh Allah, pasti Allah berikan kelebihan yang luar biasa. Terbukti ada beberapa siswa yang jago dalam berbagai hal, misalnya bernyayi. Berikut penampilan siswa tersebut.

Eko Kurniawan



0 komentar:

Posting Komentar