Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Rabu, 01 Mei 2019

Pembentukan HIMPUSMA dan Pemberian Hibah dalam Pelatihan Perpustakaan Sekolah Muhammadiyah Se Kabupaten Sleman Oleh Perpustakaan Unisa Yogyakarta



Senin, 29 April 2019, mulai pukul 08 sampai 15.00 WIB, bertempat di Kampus Terpadu Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, telah dilakukan pelatihan Perpustakaan Sekolah Muhammadiyah se Kabupaten Sleman. Pelatihan kali ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan yang sudah diselenggarakan Perpustakaan UNISA Yogya selama dua tahun berturut-turut sejak 2016 yang lalu. Pelatihan ini terselenggara atas kerja sama antara Peprustakaan Unisa Yogyakarta dengan Majlis Dikdasmen PDM Sleman.
Bpk. Dr. H. Suwadi, M.Ag., M.Pd, selaku Ketua Majlis Dikdasmen PDM Sleman, dalam sambutannya menyampaikan bahwa poin kelemahan akreditasi sekolah pada tenaga pendidik, termasuk petugas lab dan perpustakaan. Dengan begitu beliau berharap agar pelatihan ini dapat menjadi motivasi petugas perpustakaan untuk meningkatkan kualitasnya, dengan berpedoman pada amalan IQRA untuk memotivasi murid gemar membaca dan meningkatkan gerakan literasi di sekolah. Beliau juga menyampaikan bahwa pelatihan ini sebagai bentuk sinergi yang diprakarsai oleh Perpustakaan Unisa Yogyakrta ini sebagai bentuk kepedulian terdahap sesama amal usaha Muhamamdiyah ‘Aisyiyah. Oleh karena itu, beliau sangat menyambut baik akan pelatihan ini, terlebih karena dalam pelatihan ini juga diberikan hibah ke beberapa sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Sleman. Selain itu juga dibentuk pengurus HIMPUSMA sebagai wadah pengelola perpustakaan sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Sleman.
Ibu Warsiti, M.Kep., Sp.Mat, Rektor Unisa Yogyakarta, dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya pelatihan ini, agar menguatkan jejaring antara sesama perpustakaan sekolah yang dimotori oleh Perpustakaan Unisa Yogyakarta. Rektor berharap dengan adanya HIMPUSMA Sleman nantinya dapat saling tolong menolong dan sharing antar Perpustakaan Sekolah Muhammadiyah. Sekolah yang menerima hibah buku dan komputer kali ini yaitu SMK Muhammadiyah Berbah, SMK Muhammadiyah 1 Tempel, SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, dan SMA Muhammadiyah Kalasan. Hibah diserahkan oleh Rektor Unisa, yang diterima oleh kepala sekolah masing-masing atau yang mewakili, dan disaksikan oleh Ketua FPPTMA serta Ketua Majlis Dikdasmen PDM Sleman Yogyakarta. Hibah bertujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan otomasi perpustakaan.


 Materi pelatihan diawali tentang manajemen dan standar mutu perpustakaan sekolah yang disampaikan oleh Kepala Perpustakaan UMY, sekaligus Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammdiyah ‘Aisyiyah (FPPTMA), Drs. Lasa Hs, M.Si. Materi selanjutnya tentang otomasi perpustakaan menggunakan SLiM/Senayan Library Information System yang disampaikan oleh Abdul Wachid Azis, A.Md, Pustakawan Perpustakaan SMA Muhammadiyah I Yogyakarta dibantu oleh Subhi Waltono, S.I.Pust. (Pustakawan SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta). Jumlah peserta yang hadir ada 97 dan sangat antusias mengikuti acara sampai selesai, yang menunjukkan keseriusan pengelola Perpustakaan Sekolah Muhammadiyah se Sleman untuk maju Bersama.  Irkhamiyati, M.IP., selaku ketua panitia sekaligus Kepala UPT Perpustakaan UNISA Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada semua tim perpustakaan dan pihak terkait lainnya yang sangat mendukung lancarnya pelatihan ini. Pelatihan yang merupakan wujud pembinaan terhadap Perpustakaan Sekolah Muhammadiyah di wilayah sekitar UNISA Yogyakarta sebagai perwujudan amanah dari FPPTMA ini inshaalloh akan menjadi program rutin Perpustakaan Unisa selanjutnya.  (Irkhamiyati-April 2019).


0 komentar:

Posting Komentar