Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Kamis, 16 Mei 2019

WORKSHOP PROGRAMMING AT THE LIBRARY


Jum`at , 10 Mei 2019 Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakaan serangkaian kegiatan dengan tema “Live Love Library” (L3). Kegiatan  L3 tersebut dimaksudkan agar dapat membranding Perpustakaan UMY sehingga dapat menumbuhkan citra yang baik bagi civitas akademika. Ada 4 acara dalam rangkaian kegiatan L3, salah satunya yaitu workshop “Programming at the library”. Acara tersebut dilaksanakan di ruang sidang Perpustakaan UMY (Gedung D LT. 3) dimulai pada pukul 13.00 – 15.00 WIB.
Workshop tersebut dihadiri oleh beberapa peserta, yaitu pustakawan UMY, volunteer Muhammadiyah Corner, volunteer American Corner (Amcor), volunteer Warung Perancis (WP), serta pustakawan dari berbagai perguruan tinggi di Jogja dan DIY. Acara workshop ini di isi oleh Puthut Ardianto,M.Pd. Beliau merupakan dosen Pendidikan Bahasa Inggris di UMY, serta merangkap sebagai Direktur Amcor dan WP. Melalui pengelaman mengelola ke dua corner tersebut, beliau berhasil membawa Amcor dan WP menjadi juara terbaik tingkat Nasional. Salah satu indikator penilaiannya yaitu bagaimana Amcor dan WP mengemas beberapa kegiatan sehingga menjadi menarik.
Tujuan diadakannya workshop ini yaitu agar perpustakaan tidak lagi dianggap hanya sebatas kumpulan buku, akan tetapi bagaimana peprustakaan mempunyai kegiatan yang inovatif sehingga dapat menarik pengunjung perpustakaan. Dalam kesempatan itu, beliau menjelaskan banyak hal, diantaranya pentingnya menetapkan tujuan terlebih dulu sebelum mengadakan kegiatan, bagaimana membuat kegiatan yang mampu mendukung visi institusi, trik membuat tagline yang simple,  membuat judul kegiatan yang menarik, pentingnya konfirmasi peserta sebelum acara dimulai, manajemen waktu, dsb.

0 komentar:

Posting Komentar