Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Kamis, 25 Juli 2019

PEMBERIAN YANG PANTAS


Allah swt berfirman yang artinya :” Kamu sekalian tidak akan mencapai kebaikan sebelum kamu memberikan sebagian dari harta yang kamu sayangi. Dan segala yang kamu dermakan itu pasti diketahui Allah”. (Q.S. Ali Imran: 92)
            Agama apapun memerintahkan umatnya untuk menolong yang lemah, menuntun yang buta, mengajari yang tidak tau, dan memperhatikan yang kecil. Usaha pendekatan kepada yang lemah ini dimaksudkan untuk mensyukuri nikmat atau kelebihan seseorang, mengurangi kesenjangan, dan mengangkat derajat dan martabat manusia. Sebab kesenjangan yang terjadi pada masyarakat merupakan preseden buruk bagi masyarakat itu sendiri. Akibat lebih jauh adalah akan memengaruhi sistem pemerintahan dan pengembangan kepribadian bangsa.
            Oleh karena itu untuk mencapai suatu kebaikan dan keharmonisan dalam bermasyarakat, kiranya tidak cukup kalau kita mengandalkan ibadah mahdhah saja. Kiranya perlu juga memperhatikan ibadah sosial seperti memberikan bantuan harta,tenaga, pikiran, maupun sekedar doa. Dalam pemberian ini hendaknya apa yang diberikan itu sesuatu yang masih pantas. Perlu dihindari jangan sampai sesuatu yang bagi diri kita tidak pantas, lalu diberikan kepada orang lain. Kalau barang itu berupa pakaian, maka sebaiknya pakaian itu masih pantas kita pakai. Kalau pemberian itu berupa makanan, maka makanan itu juga masih kita senangi. Jangan sampai makanan basi diberika kepada orang lain. Kalau yang diberikan itu berupa perkataan, maka kata-kata itu  juga kita masih senang mendengarkannya. Allah swt berfirman yang artinya:”Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”. (Q.S. Al Baqarah: 267)
            Pemberian yang pantas atau sesuatu yang masih disukai merupakan penghormatan bagi yang diberi dan juga menjaga martabat yang memberi. Dengan cara ini akan terjadi persaudaraan/ukhuwah insaniyah yang hakiki diantara sesama manusia.       
Bersambung

Lasa Hs

0 komentar:

Posting Komentar