Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Minggu, 26 Januari 2020

MASUK ABAD KEDUA




Judul             : Muhammadiyah Abad Kedua
Penulis        : Haedar Nashir
Penerbit      : Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2011
ISBN          : 978979370873-7
Tebal          : 300 halaman

Muktamar merupakan peristiwa penting dalam suatu gerakan. Melalui muktmar dapat diketahui kemajuan maupun hal-hal yang kurang akan langkah-langkah organisasi. Melalui muktamar pula dicanangkan langkah – langkah besar untuk lebih memajukan gerakan.
Pada tanggal 3 sampai 8 JUli 2010 Miladiyah yang bertepatan tanggal 22 – 27 Rajab 1431 Hijriyah, Muhammadiyah telah menyelenggarakan Muktamar ke 46 di Sportorium UMY Yogyakarta. Insyaa Allah awal Juli 2020, Muhammadiyah akan menggelar Muktamar ke 48 di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Bila Muktamar ke 46 bertema Gerak Melintasi Zaman, Dakwah dan Tajdid Menuju Peradaban Utama”, maka pada Muktamar ke 48 mengambil tema “Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta”.
Buku yang ditulis Ketua Umum PP Muhammadiyah ini menyajikan refleksi keberhasilan gerak pencerahan Muhammadiyah satu abad yang lalu dalam berbagai bidang. Keberhasilan ini antara lain diukur dari kemampuan melampaui batas fase satu abad, yang sementara itu organisasi Islam lain (Syarikat Islam misalnya) semakin surut. Ukuran kedua adalah bahwa Muhammadiyah telah menghadirkan alam pikiran Islam yang berkemajuan dalam berbagai bidang.
Dalam menghadapi pergantian abad menuju fase baru, Muhammadiyah dituntut untuk merumuskan ulang orientasi dakwah dan tajdid sebagai focus gerakan.
Buku ini dihadirkan kepada pembaca untuk menggugah kesadaran dan komitmen baru terutama bagi warga, kader, dan pimpinan Muhammadiyah. Segenap warga Muhammadiyah diharapkan merencanakan dan menyelenggarakan langkah-langkah cerdas dan unggul guna menjawab tantangan-tantangn besar di abad kedua ini.

(Lasa Hs)