Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Rabu, 26 Februari 2020

MENJAGA KESEHATAN : Tulisan - 1


                   
          Setiap orang pada umumnya kepingin sehat terus. Mereka tidak ingin sakit meskipun sakit ringan misalnya. Sakit dianggap sesuatu yang menyedihkan dan merupakan penderitaan tersendiri.
Orang yang sehat, Insyaa Allah dapat melakukan banyak kegiatan.   Sehat dalam hal ini adalah sehat dalam segala aspek baik fisik, sosial, maupun akidah. Mereka yang sehat adalah  orang yang kuat.Untuk itu perlu dipahami prinsip utama dalam kesehatan. Yakni segala upaya secara teratur dan optimal agar seseorang menjadi kuat. Dalam hal ini Rasulullah saw bersabda yang artinya :”Seorang mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah ” (H.R. Muslim dari Abu Hurairah).
Dari hadits tersebut dapat dipahami bahwa Islam sangat memerhatikan kesehatan fisik, jiwa, akal, dan akidah. Penjagaan kesehatan jasmani memang bermacam-macam cara. Oleh karena itu menjaga kesehatan di saat sehat lebih baik daripada berobat setelah sakit. Pepatah Arab mengatakan alman’u ashalu min arraf’i (mencegah itu lebih mudah dari pada menghilangkannya).
Sehat rohani dan jasmani merupakan dambaan dan kebahagiaan tersendiri bagi seseorang dalam hidup ini. Rasulullah saw selalu berdo’a pagi dan sore agar diberikan kesehatan. Dalam hadist yang diriwayatkan ’Abdullah bin ’Umar r.a., ia berkata bahwa Rasulullah saw selalu berdo’a pagi dan sore :”Allahumma innii as alukal ’afwa wal’afiah  fii diinii wa dunyaa wa ahlii wa maalii (Ya Allah aku mohon kepada-Mu kesehatan di dunia dan akhirat nanti.Ya Allah aku memohon kepada-Mu ampunan dan kesehaan agamaku, duniaku, keluargaku, dan hartaku” (H.R. Ahmad, Abu Daud, dan Ibnu Majah).
Bersambung

(Lasa Hs)


0 komentar:

Posting Komentar