Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Minggu, 06 Desember 2020

BELAJAR BAHASA ARAB TANPA GURU

 



Judul            : Cepat dan Mudah Kuasai Bahasa Arab; Cara Praktis Belajar

                     Bahasa Arab Tanpa Guru

Penulis         : Muklish, S.S.

Penerbit        : Checklist, 2020

Tebal           : 254 hlm.

 

Umat Islam tidak bisa dipisahkan dengan bahasa Arab. Al Qur’an ditulis dengan bahasa Arab itu, merupakan kitab suci dan sebagai sumber ajaran Islam.

Dalam ibadah shalatpun, bacaannya dengan bahasa Arab. Tidak boleh dengan bahasa lain.

          Untuk memahami bahasa Arab secara baik perlu ketekunan dan kesabaran tersendiri. Sebab bahasa ini memiliki banyak tatabahasa, jenis kata (mudzakar, muannats), jumlah (mufrad, mutsana, jamak), waktu (madhi, mudhari’) dan lainnya.

Buku ini memberikan serangkaian alur belajar bahasa Arab yang dimulai dari bahasan tenang shorof. Shorof berarti peralihan, perubahan, distribusi, dan diakhiri dengan kosa kata bahasa Arab. Ilmu shorof yang diuraikan dalam buku ini sangat mudah dipahami karena setiap penjelasan di setiap bab pasti diberikan contoh.

Dalam ilmu shorof, setiap kata memiliki karakteristik dan kekhususan yang membedakan satu kata dengan kata lain. Sedangkan kata dalam bahasa Arab disebut kalimat. Maka dalam bahasa Arab,  kalimat itu terdiri dari kalimat isim, kalimat fi’il, dan kalimat huruf.  Kalimat isim disebut kata benda (bahasa Indonesia) atau noun (bahasa Inggris). Kalimat fi’il  disebut kata kerja (bahasa Indonesia) atau verb (bahasa Inggris). Kalau kalimah huruf memang sulit padanannya dalam bahasa Indonesia. Secara gampang yakni kalimat/kata selain kata benda dan selain kata kerja. Ketiga hal ini merupakan sesuatu yang mutlak dalam memelajari ilmu shorof.

          Buku ini juga membahas tentang kalimat. Kalimat dalam bahasa Arab ada dua macam, yakni jumlah (klausa) dan kalam (kalimat). Jumlah (klausa) adalah serangkaian kata yang belum lengkap dan belum mencapai derajat kalimat. Jumlah biasanya gabungan dua kata atau lebih, tetapi belum memberikan infomasi lengkap.

Kemudian jumlah dibagi menjadi jumlah ismiyah, jumlah fi’liyah, dan serupa jumlah. Kalam secara bahasa berarti kalimat. Secara istilah, kalam adalah kalimat sempurna yang terdiri dari rangkaian kalimat isim, fi’il, dan huruf.

Buku ini juga menyajikan kamus Arab tematik dan contoh percakapan bahasa Arab sehari-hari. Maka buku ini dapat dijadikan sebagai guru belajar bahasa Arab. Sebab di dalam buku ini dibahas tentang kaidah morfologi dan sintaksis yang merupakan kunci utama bahasa Ara

          Uraian dalam buku ini mudah dipahami dan cocok untuk para pemula pembelajar bahasa Arab. Teori yang disajikan cukup lengkap dan mudah dimengerti. Disamping itu, untuk memperdalam materi, maka setiap bab diberi latihan untuk mengetahui kemampuan pembaca. Namun sedikit kekurangan buku ini yakni di akhir buku tidak diberikan kunci jawaban.

 

Raisa Fadelina

Pustakawan UMY