Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Minggu, 13 Desember 2020

UMY TAMBAH GURU BESAR LAGI

 

Tahun 2020 ini UMY panen prestasi. Salah satu tambahan prestasi bahwa  UMY kali ini menambah Guru Besar. Hari ini Senin, 14 Desember 2020 pukul 12.30 Prof. Dr. Sukamto, M.T. menerima penyerahan Surat Keputusan sebagai Guru Besar Tehnik Mesin. Pak Kamto, demikian sapaan akrabnya adalah putra Klaten lahir 2 Mei 1970 dikenal sebagai seorang yang gigih, serba ingin tahu, kreatif, dan tidak mudah menyerah. Beliau menempuh pendidikan S1 sampai S3 di kampus ternama yakni Universitas Gadjah Mada. Saat masih kuliah di S1, beliau nglajo dengan sepeda onthel dari Klaten ke Yogya. Semangat inilah yang tetap membara sampai mengantarkannya sebagai Profesor dan Wakil Rektor Bidang Akademi UMY. Beliau merupakan guru besar ke 11 di UMY dan Guru Besar pertama dalam Ilmu Teknik Mesin FT UMY.

Di tengah-tengah kesibukannya, beliau juga berhasil melakukan penelitian sebanyak 8 kali,  menulis 11 artikel, dan beberapa artikelnya terindeks Scopus selama 5 tahun terakhir.  Diantara hasil penelitiannya adalah Efek Signifikan dari Viskositas Cair pada Aliran Dua Fase, dan Studi Eksperimental tentang Aliran Dua Fase Gas Cairan Viskositas Tinggi di Kapiler dengan Kemiringan 5 Derajat Melawan Posisi Horizontal.

 Disamping itu, beliau juga menjadi narasumber berbagai seminar. Bahkan sebagai da’i, khatib di berbagai komunitas.

Pak Kamto bergabung dengan UMY sejak 1996 dan sejak 1 April 2017 beliau mendapat amanah sebagai Wakil Rektor Bidang Akademi UMY. Banyak terobosan yang dilakukan selama menjabat jabatan bidang akademik ini antara lain adanya Science Camp, pengembangan perpustakaan, peningkatan penulisan dan penelitian para dosen, dan lainnya.

Beliau berpesan kepada sivitas akademika UMY bahwa gelar Profesor yang diraihnya itu merupakan bentuk motivasi untuk sivitas akademika UMY agar terus berkarya sesuai bidang masing-masing.

 

Raisa Fadelina

Pustakawan UMY