SDM dan Pengembangan Perpustakaan : Tulisan 1

         Dalam upaya pengembangan perpustakaan, ada yang berpendapat bahwa unsur teknologi informasi memegang peran penting. Ada lagi yang berpendapat bahwa perpustakaan akan berubah signifikan apabila memiliki sarana prasarana dan anggaran yang memadai. Dari pemikiran ini masih ada yang berpikiran bahwa perpustakaan itu merupakan gedung yang menampung koleksi untuk diberdayakan.

Dalam hal ini kadang unsur sumberdaya manusia diabaikan. Maka tak heran bila di suatu perpustakaan dikomandani seorang dokter hewan. Mungkin dengan maksud untuk mencegah keganasan tikus dan gangguan kecoak. Ada pula seorang dokter sebagai kepala perpustakaan agar staf perpustakaan sehat terus karena kesehatannya dipantau seorang dokter. Ada pula perpustakaan yang dikepalai seorang sarjana hukum, mungkin dengan maksud  untuk mencegah tindak pidana (plagiasi, pencurian buku, mencegah kehilangan tas dll). Bisa juga dimaksudkan agar pustakawan memahami hak intelektual.

Tidak hanya itu. sumber daya manusia yang ditugaskan di perpustakaan banyak yang tidak memiliki kompetensi. Guru kesenian yang jam mengajarnya kurang, lalu ditugaskan di perpustakaan untuk memenuhi angka kredit. Pegawai yang bermasalah dipindahkan ke perpustakaan. Maka perpustakaan seolah-olah menjadi ruang tahanan dan tempat pembuangan akhir/TPA.  

Sikap dan penugasan yang seperti inilah yang merupakan salah satu unsur yang menghambat kemajuan perpustakaan dan citra masyarakat pada pustakawan dan perpustakaan. Tidak memperhatikan sumberdaya manusia perpustakaan berakibat stagnasi perpustakaan.

Sumber daya manusia atau sumberdaya insani merupakan salah satu yang menentukan maju mundurnya perpustakaan untuk memenangkan persaingan. Sumber daya manusia merupakan tulang punggung dari seluruh sistem yang dirancang, metode yang diterapkan, dan teknologi  yang digunakan.

Pentingnya sumberdaya manusia yang kompeten dalam pengembangan perpustakaan dengan pertimbangan dan pemikiran bahwa :

  1. Sumberdaya manusia dapat menggerakkan sumber daya lain
  2. Sumber daya manusia dapat dikembangkan dan ditingkatkan terus menerus
  3. Sumber daya manusia memiliki kriteria tertentu
  4. Sumber daya manusia memiliki nurani, nafsu, dan akal
  5. Sumber daya manusia memiliki potensi untuk menciptakan keunggulan kompetif

Oleh karena itu sumber daya manusia perpustakaan perlu dimenej dan dikembangkan terus menerus.

BERSAMBUNG

                                                                                                                        Lasa Hs.

0 Komentar