KONTRIBUSI LASA Hs TERHADAP KEPUSTAKAWANAN DI INDONESIA

 Oleh: Yusril Kemal Hikam

Penelitian ini merupakan studi tokoh dengan subjek penelitianya adalah Lasa Hs. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kontribusi Lasa Hs terhadap kepustakawanan di Indonesia; (2) dampak kontribusi Lasa Hs terhadap kepustakawanan di Indonesia.

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library research). Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga proses tahapan antara lain; reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh dua kesimpulan yakni; (1) kontribusi Lasa Hs terhadap kepustakawanan di Indonesia ada empat, yaitu; mendirikan dan menghidupkan kembali (reborn)  organisasi profesi kepustakawanan (HIMPUSMA, FPPTMA); menyusun standar perpustakaan (Manajemen & Standar Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah); menyusun petunjuk/pedoman penyelenggaraan perpustakaan; berperan dalam pendidikan kepustakawanan (berperan serta mendirikan Prodi Ilmu Perpustakaan Fak. Adab & Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga, Diklat Papustak Gama, mengajar ilmu perpustakaan di UGM, UIN Sunan Kalijaga, UT); (2) dampak kontribusi Lasa Hs terhadap kepustakawanan di Indonesia terdiri dari empat, yakni: (a) berkembangnya perpustakaan sekolah/madrasah Muhammadiyah; (b) melahirkan pustakawan yang unggul dan berprestasi; (c) meningkatnya eksistensi dan kualitas Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah/PTMA se Indonesia;  (d) memudahkan para pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan.

          Katakunci: Lasa Hs, Perpustakaan, Kepustakawanan di Indonesia.   

 

(Sumber : Skripsi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020)

0 Komentar