Pelayanan sektor publik adalah segala bentuk pelayanan baik dalam bentuk barang maupun jasa yang menjaditugas dan tanggungjawab negara untuk menyediakannya. Sifatnya yang harus terbuka karena tuntutan transparansi dan akuntabilitas sertakarakteristiknya yang tidak diatur oleh pasar, seringkali menjadikan pelayanan sektor publik tidak fleksibel dan tidak kompetitif. Selain itu tujuan pelayanan sektor publik untuk menciptakan keadilan dan kesejahteraan sosial selalu meghadapi berbagai dinamika yang membutuhkan efort lebih dari sekedar tujuan mencari laba. Sehingga untuk mengelolanya membutuhkan sentuhan dan manajemen yang berbeda dengan pelayanan yang diselenggarakan oleh swasta.
Buku ini mengulas tentang bagaiamana mengelola pelayanan pada sektor publik. Adalah negara yang memiliki hajat terhadap penyelenggaraan pelayanan ini. Karena tidak semua sektor dapat melayani apa kebutuhan warga negaranya. Namun demikian pada beberapa hal negara justru akan melimpahkannya kepada warga negara untuk turut serta membantu melayani warga yang lainnya. Oleh sebab itu dinamika pelayanan pada sektor ini menjadi menarik untuk dikaji. Baik dari hakikatnya, ruang lingkupnya, organisasi pelaksananya, budaya penyelenggaraannya, hingga alternatif pemecahan masalahnya.
0 Komentar