Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Kamis, 01 Juni 2017

Profil FPPTMA

Forum Silaturrahim Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/FSPPTM dibentuk pada tanggal 22 -  23 Mei 2004 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta/UMY  dalam pertemuan yang diinisiasi oleh Perpustakaan UM Yogyakarta dan Perpustakaan UM Malang.
Ssusunan kepengurusan FPPTMA 2017 – 2022 dengan susunan sebagai berikut:
    Pelindung    : Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat
                          Muhammadiyah
   Penasehat     : Ketua Majelis Pustaka & Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah
   Ketua            : Drs. Lasa Hs., M.Si (Kepala Perpustakaan UM Yogyakarta)
   Wakil Ketua : Mustofa, SE (Kepala Perpustakaan UM Surakarta)
   Sekretaris I   : Arda Putri Winata, SIP., MA (Perpustakaan UM Yogyakarta
   Sekretaris II : Greetha Prestisia R.K.  (Perpustakaan UAD Yogyakarta)
   Bendahara    : Irkhamiyati, SIP, MA (Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta)
  
   Bidang Digital Library     : Prof. Dr. Dyah Roswitasari (Kepala Perpustakaan UM Malang)
   Bidang Sumber Daya Manusia          : Ayu WUlansari (Kepala Perpustakaan UM Ponorogo)
   Bidang Kerjasama                             : Purwati, S.I.Kom (Kepala Perpustakaan UM Purwokerto)

   Koordinator Wilayah/KORWIL
-Korwil DIY & Jawa Tengah Selatan               Jamzanah Wahyu Widayati, S.I.Pust.
-Korwil Jawa Tengah Timur, Utara,Barat         Maria Husnun Nisa, S.Sos., MA (Perpustakaan
                                                                        UM Surakarta
-Korwil Jawa Timur & Madura                        Yusron, SE.,MSi (Perpustakaan UM Jember)
-Korwil Bali, NTB dan NTT                            Bahaudin    (Perpustakaan UM Mataram)
=Korwil Jawa Barat                                         Yanti Sundari, S.Sos (Kepala Perpustakaan UM
                                                                        Sukabumi)
-Korwil DKI Jakarta                                        Inayatul Ramadita (Perpustakaan UM Prof.Hamka
-Korwil Sumatera Selatan dan Lampung          Genot        (Perpustakaan UM Palembang)
-Korwil Sumatera Barat, Tengah,Bengkulu   Meri Susanti, S.I.Pust (Perpustakaan UM Bengkulu)
-Korwil Sumatera Utara & Aceh                      Irfan Bustami, SH, M.Hum (Perpustakaan UM
                                                                        Sumatera Utara)
-Korwil Kalimantan Barat & Tengah               Gusti Hartono, SH. MH (Kepala Perpustakaan UM
                                                                        Pontianak)
-Korwil Kalimantan Selatan & Timur  Yumnah (Perpustakaan UM Banjarmasin)
-Korwil Sulawesi & Maluku                             Baharudin (Perpustakaan UM Makasar)
-Korwil Papua                                     Irnawati S.Hut., MP (Perpustakaan UM Sorong)

Visi
 Menjadi organisasi kepustakawanan Perguruan Tinggi yang Islami, Unggul, dan berkemajuan pada tahun 2032 berdasarkan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan di Indonesia
MISI
1.Membantu Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan PP Muhammadiyah dan
   Majelis Pustaka & Informasi PP Muhammadiyah dalam pengembangan kepustakawanan
   Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah/PTMA
2.Melakukan silaturrahmi antarperpustakaan PTMA dan membentuk jaringan kerjasama
   Antarperpustakaan PTMA dan perpustakaan lain;
3. Berusaha meningkatkan kualitas, kuantitas, dan kesejahteraan sumber daya manusia
    Perpustakaan PTMA, antara lain melalui rekrutmen,  studi lanjut, magang, pendidikan &
    pelatihan, dorongan kompetisi, maupun fungsionalisasi pustakawan
4. Membantu peningkatan eksistensi perpustakaan PTMA  dalam menunjang catur dharma yakni;
    Pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan AL Islam dan Kemuhammadiyahan 



MAKNA LOGO
FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

MUHAMMADIYAH – ‘AISYIYAH/FPPTMA









BENTUK

  1. Bentuk lingkaran/bulat menggambarkan kebulatan tekad dan kebersamaan visi berkemajuan pengelolaan dan layanan informasi yang berkualitas dalam rangka berperan serta aktif mencerdaskan kehidupan bangsa berdasarkan nilai-nilai Al Islam dan  Kemuhammadiyahan. Q.S. Al Imran : 103, yang artinya:”Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuhan, lalu mempersatukan hatimu, sehingga dengan karuniaNya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka.Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayatNya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk”.

  1. Sinar matahari. Menyiratkan bahwa Muhammadiyah dan komponen-komponennya (termasuk FPPTMA)   memberikan pencerahan kepada semua orang di bumi tanpa membedakan agama, suku, ras, golongan, dan paham. Perpustakaan PTMA memberikan pencerahan melalui sumber ilmu dan informasi yang dikelola kepada siapapun.
Sinar matahari sebagai simbol Muhammadiyah sebagai gerakan akidah (harakah aqidah) Islam (alharakah al Islamiyah), gerakan dakwah (alharakah ad da’wah) dan menjadikan Negara Kesatuan RI sebagai Dar Al ‘Ahdi wa Syahadah. 

  1. 12 (dua belas) sinar matahari hijau menginspirasi dan tauladan  12 (dua belas)  orang sahabat Nabi Isa yang disebut orang Hawari yang terus berjuang menegakkan agama yang diridhai Allah meskipun mendapatkan tekanan, teror, maupun permusuhan dari berbagai pihak. Q.S. As Shaf: 14 yang artinya:”Wahai orang-orang yang beriman. Jadilah kamu penolong-penolong (agama) Allah sebagaimana Isa putra Maryam telah berkata kepada pengikutnya yang setia. “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Allah ?. Pengikut-pengikutnya yang setia itu (hawaiyyun) berkata, :Kamilah penolong-penolong (agama) Allah”., lalu segolongan dari Bani Israil beriman dan segolongan (yang lain) kafir, lalu Kamu berikan kekuatan kepada orang-orang yang beriman terhadap musuh-musuh mereka, sehingga mereka menjadi orang-orang yang menang”.
 
  1. Bumi merupakan planet  tempat hidup manusia sebagai khalifah di muka bumi, perlu mendapatkan sinar ilmu pengetahuan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban makhluk yang ahsani taqwim.Q.S. Al Baqarah: 30 yang artinya:” Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat, “Aku akan menjadikan khalifah (pengganti, pemimpin, atau penguasa) di bumi”. Mereka berkata (matur):” Apakah Engkau akan menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu?. Dia berfirman :”Sungguh, Aku lebih mengetahui apa yang kalian tidak ketahui”. 

  1. Tulisan Arab iqra’, menyiratkan bahwa manusia akan mencapai kemajuan apabila mereka mau membaca dalam arti luas; akses informasi, berdiskusi, melakukan kajian , melakukan penelitian, dan menuntut ilmu.
Sumber ilmu pengetahuan dan informasi yang dikelola perpustakaan merupakan sumber yang harus diberdayakan (diajarkan, allama) untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

  1. Gambar buku merupakan bentuk rekaman ilmu pengetahuan dan informasi sebagai khazanah kekayaan intelektual manusia yang perlu diwariskan dan dikembangkan terus menerus dari generasi ke generasi untuk kemaslahatan manusia.

  1. Tulisan FPPTMA, merupakan wadah Perpustakaan Perguruan Tinggi yang dikelola oleh Diktilitbang PP Muhammadiyah dan Diktilitbang PP ‘Aisyiyah yang memiliki keunggulan:
a.      Berprestasi berdasarkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan
b.      Memiliki jaringan/silaturrahmi yang solid berdasarkan keikhlasan dan kebersamaan
c.       Mengembangkan dan mensosialisasikan repositori
d.      Memiliki Muhammadiyah Corner
e.       Membina perpustakaan Amal Usaha Muhammadiyah/AUM di wilayah masing-masing
f.       Memiliki sumber daya manusia yang kompeten dan berkemajuan

  1. Logo Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (kecil, di tengah lingkaran kanan kiri) menggambarkan bahwa dalam gerak langkah FPPTMA harus tetap memperhatikan garis kebijakan yang ditetapkan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. 

WARNA

1.      Warna putih menggambarkan bahwa seluruh gerak dan aktivitas FPPTMA berdasarkan keikhlasan dan ketaatan pada Allah dan Rasulnya dengan tujuan ibadah. Q.S. Al Bayyinah : 5 :”Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar)”.

2.      Warna hijau menunjukkan kesegaran dan kesenangan. Dalam kegiatan kepustakawanan PTMA diharapkan selalu membawa pembaharuan melalui kreativitas & inovasi. 


3.      Warna merah, menunjukkan kehangatan dan kehebatan. Dalam melaksanakan kegiatan kepustkawanan PTMA diharapkan selalu membawa kehangatan berjejarimg dan keunggulan kompetitif

4.      Warna kuning,  menunjukkan optimisme, kebijaksanaan, dan cerdas. Untuk itu diharapkan dalam pengelolaan dan pelayanan perpustakaan PTMA dengan bekerja keras, bekerja ikhlas, dan bekerja cerdas.


5.      Warna biru, secara psikologis menunjukkan sikap dapat dipercaya dan tanggung jawab. Ini berarti bahwa seluruh sumber daya manusia perpustakaan PTMA harus dapat dipercaya, bertanggung jawab, komunikatif, dan cerdas.






PROGRAM KERJA
Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah



MILESTONE
2012 – 2017    Unggul dalam Muhammadiyah Corner, nilai-nilai Al Islam dan
                        Kemuhammadiyahan
2017 – 2021    Unggul dalam jaringan informasi perpustakaan Perguruan Tinggi
2022 – 2027    Unggul dalam sumber daya manusia
2027 – 2032    Unggul dalam layanan informasi Kemuhammadiyahan, KeIslaman dan Ilmu
                        Pengetahuan berbasis teknologi informasi
MISI
  1. Membantu Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah dan Majelis Pustaka & Informasi PP Muhammadiyah dalam pengembangan kepustakawanan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah/PTMA
  2. Melakukan silaturrahmi antarperpustakaan PTMA dan membentuk jaringan kerjasama antarperpustakaan PTMA dan perpustakaan lain;
  3. Berusaha meningkatkan kualitas, kuantitas, dan kesejahteraan  sumber daya manusia perpustakaan PTMA; antara lain melalui studi lanjut, magang, pendidikan pelatihan, membantu rekruitmen, dorongan kompetisi, maupun fungsionalisasi
  4. Membantu peningkatan eksistensi perpustakaan PTMA dalam menunjang kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan Al Islam dan Kemuhammadiyahan masing-masing PTMA
TUJUAN
  1. Memperkuat dan mengembangkan jaringan kerjasama berbasis teknologi informasi antarperpustakaan PTMA dan perpustakaan lain dalam dan luar negeri.
  2. Membantu pimpinan PTMA dalam meningkatkan eksistensi perpustakaan PTMA terutama dalam melaksanakan caturdharma PTMA
  3. Mendorong sumber daya manusia PTMA untuk berkolaborasi dan mengikuti kompetisi kepustakawanan nasional & internasional
  4. Mempererat silaturrahim dan saling membantu pengembangan kepustakawanan PTMA meliputi pengembangan manajemen, sumber daya manusia, koleksi, dan lainnya
SASARAN
  1. Merealisir pembentukan jaringan kerjasama antarperpustakaan PTMA dengan nama
             PTMA One Search
  1. Mengusulkan kepada Majleis Diktilitbang PP Muhammadiyah untuk  membuat kebijakan langganan database e-journal secara konsorsium
  2. Menggerakkan terselenggaranya Muhammadiyah Corner di masing-masing perpustakaan PTMA
  3. Mendorong penyelenggaraan liteasi informasi dan mengenalkan apliksi deteksi plagiasi
  4. Mendorong perpustakaan PTMA untuk menyelenggarakan layaman repositori secara terbuka melalui website masing-masing perpusakaan PTMA 
  5. Mendorong perpustakaan PTMA untuk mengajukan akreditasi perpustakaan perguruan tinggi ke Perpustakaan Nasional RI dengan biaya APBN, APBD, atau biaya mandiri


Jangka Panjang
2017 – 2021 “Unggul dalam SDM dan Jaringan Informasi Perguruan Tinggi”
  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas jaringan PTMA dengan:
a.       Mendorong perpustakaan PTMA agar memiliki OPAC mandiri dengan konten sekurang-kurangnya berupa daftar buku masing-masing
b.      Menjalin kerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI dalam jaringan informasi Perpustakaan Nasional RI (OneSearch)
  1. Membantu perpustakaan PTMA dalam pengembangan sumber daya manusia antara lain dengan:
a.       Membuat usulan ke Perpustakaan Nasional RI agar PNRI menerbitkan Surat Keputusan/Instruksi kepada pimpinan PTMA dan PTS lain agar memfungsionalkan pustakawan mereka sesuai peraturan perundangan yang berlaku dan kemampuan masing-masing
b.      Membuat usulan ke Perpustakaan Nasional RI agar sumber daya perpustakaan PTMA diberi kesempatan untuk mengikuti berbagai diklat yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI
c.       Menghimbau kepada pimpinan PTMA melalui Diktilitbang PP Muhammadiyah atau MPI PP Muhammadiyah agar para pimpinan PTMA mengangkat lulusan S1 atau  S2 ilmu perpustakaan sebagai kepala perpustakaan PTMA masing-masing
d.      Menghimbau kepada pimpinan PTMA melalui Diklitbang PP Muhammadiyah agar merekrut lulusan ilmu perpustakaan (diploma, sarjana, pascasarjana) sebagai tenaga perpustakaan  di masing-masing PTMA sesuai kebutuhan dan standar akreditasi perpustakaan perguruan tinggi
  1. Membantu pengembangan kleksi  perpustakaan PTMA dengan cara:
a.       Perpustakaan PTMA yang kuat diharapkan membantu koleksi cetak atau elektronik kepada perpustakaan PTMA yang lemah
b.      Perpustakaan PTMA yang memiliki kemampuan teknologi informasi agar membantu aplikasi teknologi informasi PTMA yang lemah demi kelancaran layanan perpustakaan
  1. Menginstruksikan pada setiap perpustakaan PTMA memiliki Muhammadyah Corner dengan kriteria:
a.       Kitab-kitab kuning yang menjadi rujukan tokoh-tokoh Muhammadiyah-‘Aisyiyah
b.      Pikiran, riwayat hidup tentang atau oleh tokoh-tokoh Muhammadiyah-‘Aisyiyah Pusat maupun daerah
c.       Dokumen-dokumen kegiatan Muhammadiyah; muktamar, tanwir, muswil, musda, muscab, laporan tahunan, dan lainnya;
d.      Catatan dan/atau rekman kegiatan ilmiah yang diselenggarakan amal usaha Muhammadiyah Pusat maupun daerah seperti seminar, lokakarya, diskusi, dan lainnya
e.       Pemikiran orang lain tentang Muhammadiyah-‘Aisyiyah dan tokoh-tokohnya
f.        Publikasi yang diterbitkan oleh amal usaha Muhammadiyah pusat maupun daerah
  1. Menginstruksikan kepada seluruh perpustakaan PTMA agar melakukan pembinaan pada perpustakaan amal usaha Muhammadyah di wilayah masing-masing seperti diklat, bedah buku, sumbangan buku pada perpustakaan sekolah Muhammadiyah


Program Kerja Jangka Menengah
2017 – 2019

  1. Menyelenggarakan Rakernas FPPTMA 2 (dua) tahun sekali dengan tujuan:
a.       Mengevaluasi kinerja kepengurusan selama 2 tahun berjalan;
b.      Memperbaiki langkah-langkah organiasi yang kurang
c.       Mengembangkan pemikiran-pemikiran dalam pengembangan organisasi dan kepustakawanan PTMA
  1. Penguatan koordinasi dan kinerja Korwil-Korwil
  2. Mendorong perpustakaan PTMA yang telah memenuhi standar untuk mengajukan akreditasi ke PNRI antara lain; Pperpustakaan UM Jakarta, Perpustakaan Uhamka, Perpustakaan UM Jember, Perpustakaan UM Sidoarjo, Perpustakaan UM Mataram
  3. Membuat website sebagai media komunikasi dan pengembangan kreativitas dan inovasi
  4. Penataan administrasi dan keuangan; iuran, sertifikasi keanggotaan jaringan. Dll.
  5. Menjalin kerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI dalam:
a.       Penggabungan Library PTMA dengan OneSearch
b.      Pengadaan database e-journal yang dilanggan PNRI
c.       Mengusulkan ke PNRI agar langganan database e-journal oleh Kemrisntekdikti dan anggaran e-journal yang dilanggan oleh PTN dapat dikoordinasikan oleh PNRI
d.      Mengusulkan ke PNRI akan membuat kebijakan bahwa database e-journal yang dilanggan oleh PTN dapat diakses oleh sivitas akademika PTS. Sebab untuk melanggan itu dari pajak yang dibayar oleh rakyat Indonesia. Mengapa yang memanfaatkan hanya sivitas akademika PTN
e.       Mengusulkan ke PNRI untuk mengikutsertakan sumber daya manusia perpustakaan PTMA dalam berbagai diuklat yang diselenggarakan oleh PNRI
f.        Mengusulkan ke PNRI sebagai Pembina perpustakaan se Indonesia untuk membuat edaran, instruksi, himbauan agar pimpinan PTMA dan dukungan Diktilitbang PP Muhammadiyah untuk memfungsionalisasikan pustakawan yang bekerja di perguruan tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku dan sesuai kemampuan masing-masing PTMA

2019 – 2022
  1. Menyelenggarakan MUNAS FPPTMA IV dengan agenda
a.       Menyelenggarakan seminar
b.      Penulisan artikel bersama dalam bidang tertentu lalu dibukukan
c.       Laporan pertanggungjawaban Pengurus FPPTMA 2017 – 2022
d.      Meninjau kembali AD & ART FPPTMA
e.       Pemilihan Pengurus FPPTMA 2022 – 2027
  1. Penguatan koordinasi dan pembinaan perpustakaan PTMA
  2. Mendorong perpustakaan PTMA yang memiliki kemampuan untuk megajukan akreditasi






Program Kerja Jangka Pendek
2017 – 2018
  1. Memperkuat , memperluas, dan optimalisasi pemanfaatan  jaringan perpustakaan antar berbagai perpustakaan dalam dan luar negeri.
  2. Menyelenggarakan Rapat Koordinasi sekurang-kurangnya setahun 2 (dua) kali
  3. Melakukan kerjasama dengan Perpustakaan Nasional dalam:
a.       Pengadaan database e-journal yang dilanggan PNRI
b.      Mengusulkan ke PNRI untuk mengikutsertakan sumber daya manusia perpustakaan PTMA dalam pendidikan dan pelatihan kepustakawanan yang diselenggarakan oleh PNRI
c.       Mengusulkan fungsionalisasi pustakawan yang bekerja di perpustakaan PTMA sesuai peraturan, perundangan, dan kemampuan masing-masing PTMA
d.      Mengusulkan ke PNRI agar mengkoordinsikan langganan database  yang dilanggan oleh Kemristekdikti maupun beberapa PTN
  1. Penataan administrasi & keuangan; iuran, sporsorship, sertifikasi keanggotaan jaringan library PTM
  2. Menyelenggarakan TOT Literasi informasi dan penulisan bagi perpustakaan PTMA,
yang pelaksanaannya dikoordinir oleh Korwil setempat
  1. Membuat website FPPTMA sebagai media komunikasi dan pengembangan inovasi dan kreatifitas SDM PTMA
  2. Mendorong dan membimbing akreditasi sekurang-kuangnya 10 perpustakaan PTMA
  3. Mendorong adanya saling silatyrrahmi antarperpustaaan PTMA

2018 – 2019
  1. Menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema yang relevan
  2. Menyelenggarakan TOT literasi infomasi yang pelaksanaannya dikoordinir oleh masing-masing Korwil
  3. Mendorong setiap perpustakaan PTMA untuk menyelenggarakan pembinaan, diklat pengelolaan perpustakaan sekolah Muhammadiyah di wilayah masing-masing yang pelaksanaannya dapat dikoordinasikan dengan perpustakaan PTMA se tempat.
  4. Mendorong setiap perpustakaan PTMA untuk mengelola repositori secara profesional dan bila memungkinkan repositori dapat diakses bahkan didowload full text oleh public
  5. Mendorong dan membimbing langsung/tidak langsung beberapa perpustakaan PTMA untuk mengajukan akreditasi
  6. Mendorong adanya silaturrahmi antarperpustakaan PTMA

2019– 2020
1.      Menyelenggarakan seminar dengan tema yang relevan
2.      Menyelenggarakan TOT literasi informasi dan penulisan ilmiah yang pelaksanaannya dikoordinir oleh masing-masing Korwil
3.      Mendorong setiap perpustakaan PTMA untuk membina perpustakaan Amal Usaha Muhammadiyah di wilayah masing-masing
4.      Mendorong tiap perpustakaan PTMA untuk mengelola repositori secara profesional dan syukur bisa diakses dan download full text dari manapun
5.      Mendorong dan membimbing langsung/tidak angsung perpustakaan PTMA yang telah mampu untuk mengajukan akreditasi ke PNRI
2020– 2021
1.      Menyelenggarakan seminar nasional dengan tema yang relevan
2.      Menyeleggarakan TOT literasi iformasi dan penulisan ilmah yang pelaksanaannya dikoordinir oleh masing-masing Korwil
3.      Mendorong tiap perpustakaan PTMA melakukan pembinaan maupun diklat pengelolaan perpustakaan amal usaha Muhammadiyah di wilayah masing-masing
4.      Mendorong tiap perpustakaan PTMA untuk mengelola repositori mereka secara proporsional dan profesional.
5.      Mendorong dan melakukan pembinaan perpustakaan PTMA yang telah mampu untuk mengajukan akreditasi 

2021 – 2021
  1. Menyelenggarakan Munas IV FPPTMA dan seminar Nasional yang panitia dan lokasinya akan ditentukan kemudian
  2. Menyelenggarakan penulisan artikel bagi petugas perpustakaan PTMA yang hasilnya diterbtkan dan didistribusikan pada saat Munas IV
  3. Meningkatkan saling silaturrahmi antarperpustakaan PTMA terutama degan perpustakaan PTMA dan perpustakaan lain
  4. Mendorong dan melakukan pembinaan perpustakaan PTMA yang telah mampu untuk mengajukan akreditasi
  5. Meninjau kembali AD ART FPPTMA
  6. Menyusun kepengurusan FPPTMA 2022 – 2027 sesuai kebutuhan dan perkembangan jaman.

KOMPETENSI & SASARAN KINERJA PUSTAKAWAN PTMA

 

PENDAHULUAN

Pengertian

  1. Pustakawan PTMA

Pustakawan PTMA adalah seseorang yang diangkat sebagai pemangku jabatan fungsional pustakawan oleh pimpinan PTMA atau BPH PTMA berdasarkan pendidikan ilmu perpustakaan minimal Diploma II dan ditugaskan untuk melaksanakan tugas-tugas kepustakawanan di perpustakaan PTMA  terkait.

  1. Pustakawan Tingkat Trampil

Pustakawan Tingkat Trampil adalah pustakawan yang diangkat pertama kali berdasarkan ijazah Diploma II ilmu perpustakaan  dengan pangkat Pengatur Muda Tingkat I, golongan ruang II/b sampai dengan pangkat Penata, golongan ruang III/d

  1. Pustakawan Tingkat Ahli

Pustakawan Tingkat Ahli adalah pustakawan yang diangkat pertama kali serendah-rendahnya berijazah sarjana (Strata 1) ilmu perpustakaan dengan pangkat Penata Muda, golongan ruang III/a sampai dengan Pangkat Pembina Utama , golongan IV/e

  1. Kompetensi

Kompetensi adalah kemampuan seseorang yang mencakup pengetahuan. ketrampilan, dan sikap kerja yang digunakan untuk   menyelesaikan tugas-tugas kepustakawanan

  1. Standar Kompetensi

Standar kompetensi adalah rumusan tentang kemampuan  yang harus dimiliki oleh pustakawan untuk melakukan tugas-tugas kepustakawanan yang didasarkan pada pengetahuan, keahlian, dan sikap kerja kepustakawanan. Standar kompetensi ini didasarkan pada Standar Kinerja Kompetensi Nasional Indonesia/SKKNI

  1. SKKNI

SKKNI adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan (knowledge), keahlian (skill), dan sikap kerja (attitude)  yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan.

  1. Sasaran Kinerja

Sasaran kerja adalah rencana dan target yang harus dicapai pustakawan PTMA dalam kurun waktu penilaian yang dapat dibuktikan atau dapat diukur oleh atasannya.

  1. Target kerja

Target kerja adalah rencana capaian kegiatan kerja kepustakawanan yang akan

diwujudkan secara jelas sebagai ukuran prestasi kerja. Target kerja ini meliputi

kualitas, kuantitas, biaya, dan waktu

  1. Jabatan Fungsional  Pustakawan

Jabatan fungsional  pustakawan adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang pegawai dalam suatu unit perpustakaan yang dalam pelaksanaan tugasnya berdasarkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan tertentu bersifat mandiri, memiliki tanggung jawab dan untuk kenaikan jabatan/pangkat disyaratkan dengan prestasi tertentu 

  1. Pangkat

Pangkat adalah kedudukan yang menunjukkan tingkat seorang pegawai berdasarkan jabatannya dalam rangkaian susunan kepegawaian dan digunakan sebagai dasar penggajian.

 

KOMPETENSI

1.Kompetensi Umum

   Kompetensi umum meiputi:

a.       Mengoperasikan Komputer Tingkat Dasar

b.      Menyusun Rencana Kerja Perpustakaan

c.       Membuat Laporan Kerja Perpustakaan

2.Kompetensi Inti

   Kompetensi Inti meliputi:

a.       Melakukan Seleksi Bahan Perpustakaan

b.      Melakukan Pengadaan Bahan Perpustakaan

c.       Melakukan Pengatalogan Deskriptif

d.      Melakukan Pengatalogan Subjek

e.       Melakukan Perawatan Bahan Perpustakaan

f.       Melakukan Layanan Sirkulasi

g.      Melakukan Layanan Referensi

h.      Melakukan Penelusuran Informasi Sederhana

i.        Melakukan Promosi Perpustakaan

j.        Melakukan Kegiatan Literasi Informasi

k.      Memanfaatkan Jaringan Internet Layanan Perpustakaan

3.Kompetensi Kusus

   Kompetensi Khusus meliputi:

a.       Merancang Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan

b.      Melakukan Perbaikan Bahan Perpustakaan

c.       Membuat Literatur Sekunder

d.      Melakukan Penelusuran Informasi Kompleks

e.       Membuat Karya Tulis Ilmiah

SASARAN KINERJA

  1. Pustakawan Tingkat Trampil

a.       Melakukan pengolahan bahan pustaka meliputi; penandaan, pencatatan,

pengkatalogan, klasifikasi, dan pelabelan

b.      Melakukan penjajaran (shelving) bahan pustaka

c.       Melakukan perawatan dan pemeliharaan koleksi; penjilidan, scanning, foto kopi, mereproduksi, penyampulan ,  dan fumigasi

d.      Melakukan layanan peminjaman, pengembalian, keanggotaan, pemberian keterangan bebas pustaka, dan administrasi perpustakaan

e.       Melakukan layanan referensi

f.       Membantu layanan literasi informasi, user education, penelusuran informasi

g.      Membantu pencacahan dan penyiangan

h.      Melakukan promosi dan/atau pameran perpustakaan

i.        Aktif dalam Persyarikatan Muhammadiyah/’Aisyiyah

j.        Aktif sebagai anggota organisasi kepustakawanan

  1. Pustakawan Tingkat Ahli

a.       Melakukan perencanaan pengembangan perpustakaan; koleksi, SDM, sarana prasarana, anggaran, sistem, dan layanan

b.      Melakukan kajian kepustakawanan; bedah buku, resensi buku

c.       Melakukan kegiatan literasi informasi

d.      Melakukan pencacahan dan penyiangan koleksi

e.       Melakukan penelitian

f.       Melakukan penulisan artikel, buku, laporan penelitian,

g.      Menjadi narasumber dalam pertemuan ilmiah

h.      Menjadi konsultan penulisan karya akademi & karya ilmiah

i.        Melakukan pengecekan plagiarism

j.        Membuat reference guide

k.      Mendowload e-book dan e-journal

l.        Melakukan publikasi melalui media cetak maupun daring

m.    Membangun jejaring perpustakaan tingkat lokal, nasional, dan internasional

n.      Memberikan konsultasi

o.      Aktif dalam Persyarikatan Muhammadiyah/’Aisyiyah

p.      Aktif sebagai anggota kepengurusan organisasi kepustakawanan

Yogyakarta, 10 Oktober 2020

                                    Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi

                                           Muhammadiyah-‘Aisyiyah

 

       Ketua                                                           Sekretaris

 

 

 

 

 

Drs. Lasa Hs, M.Si                                          Arda Putri Winata, S.IP., MA

 





PEDOMAN MUTU PERPUSTAKAN PERGURUAN TINGGI MUHAMMADYAH-‘AISYIAH

                                    HASIL KESEPAKATAN RAPAT KOORDINASI FPPTMA di

                                                 BANDAR LAMPUNG 6 FEBRUARI 2020

Pendahuluan

             Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah/PTMA diharapkan berkembang mengikuti perkembangan  lembaga induknya dalam usaha memajukan bangsa melalui pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu cara mencerdasksn  dan mencerahkan  kehidupan bangsa.

            Perpustakaan PTMA berperan sebagai supporting unit kegiatan catur dharma PTMA meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan Al Islam dan Kemuhammadiyahan di perguruan tingginya. Peran yang melekat inilah yang memengaruhi pelaksanaan catur dharma tersebut.

            Perkembangan perpustakaan PTMA sangat variatif. Beberapa perpustakaan PTMA telah memenuhi standar nasional, dan beberapa lagi memerlukan pembinaan agar maju bersama. Perkembangan yang variatif ini dipengaruhi oleh dukungan  lembaga induk, manajemen yang profesional, sumber daya manusia yang kompeten, aplikasi teknologi informasi, dan  anggaran.

            Agar perkembangan perpustakaan PTMA menuju arah yang jelas dan memenuhi standar nasional, maka disusunlah Pedoman Mutu Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah ini.

 

 

I.       Pengertian istilah

1.      Manajemen perpustakaan

Manajemen perpustakaan adalah optimalisasi pemberdayaan sumber daya manusia perpustakaan dan sumber daya  lain, untuk mencapai tujuan secara efektif efisien melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, penganggaran, dan pengawasan.

2.      Perpustakaan PTMA

Perpustakaan PTMA adalah perpustakaan yang diselenggarakan di suatu perguruan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, akademi, politeknik, vokasi) Muhammadiyah ‘Aisyiyah berdasarkan keputusan Badan Pembina Harian PTMA terkait.

3.      Perencanaan

Perencanaan adalah penentuan langkah awal untuk mencapai tujuan yang dituangkan dalam kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan mencakup nama kegiatan (what), waktu pelaksanaan (when), tempat kegiatan (where), bagaimana pelaksanaannya (why), siapa yang melaksanakan (who), dan berapa anggaran (how much)

4.      Pengorganisasian

Pengorganisasian adalah keseluruhan proses pengelompokan orang-orang, alat-alat, tugas-tugas, wewenang, dan tanggung jawab sehingga tercipta suatu organisasi yang dapat digerakkan sebagai satu kesatuan utuh untuk mencapai tujuan.

5.      Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah kemampuan untuk memengaruhi pihak lain untuk mencapai tujuan tertentu. Efektivitas kepemimpinan dapat diketahui dengan indikator: 1) memimpin dengan visi yang jelas; 2) memimpin dengan keteladanan; 3) menjadi komunikator yang baik; 4) mampu memenangkan kepercayaan bawahan; 5) tenang dalam menghadapi situasi yang sulit; 6) mampu tampil dalam citra profesional.

6.      Penganggaran

Penganggaran adalah rencana pembuatan penerimaan dan pengeluaran yang dinyatakan dalam bentuk uang. Penganggaran berfungsi sebagai alat perencanaan, koordinasi, alat pengendalian, dan menetapkan standar kegiatan yang akan dilaksanakan.

7.      Pengawasan

Pengawasan adalah kegiatan yang mengatur tingkat efektivitas personel dan efisiensi penggunaan metode dan alat tertentu untuk mencapai tujuan. Pengawasan dapat dilakukan pada perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan penganggaran

8.      Visi

Visi adalah penetapan tujuan jangka panjang (20 – 25 tahun) yang bersifat abstrak, mudah dipahami, terbayangkan, memiliki keunggulan, dan bersifat kompetitif

9.      Misi

Misi merupakan penjabaran visi dengan rumusan-rumusan kegiatan yang hasilnya nanti dapat diukur, dilihat, dirasakan, dan dibuktikan.

10.  Sumber daya manusia

Seluruh tenaga yang ditugaskan berdasarkan surat keputusan pimpinan PTMA untuk melaksanakan tugas-tugas kepustakawanan di PTMA terkait

11.  Layanan Sirkulasi

Layanan sirkulasi adalah layanan perpustakaan yang berupa peminjaman dan pengembalian bahan pustaka dan hal-hal terkait, baik yang dibaca di tempat maupun pinjam untuk dibawa pulang

12.  Layanan referensi

Layanan referensi adalah layanan bimbingan pemanfaatan sumber referensi kepada pemustaka secara manual maupun digital  agar mereka mampu menelusur secara mandiri akan informasi yang diperlukan

13.  Layanan teknis

Layanan teknis adalah segala kegiatan dan proses dalam suatu perpustakaan yang berkaitan dengan pengadaan, pengorganisasian, dan pemrosesan bahan pustaka agar dapat didayagunakan oleh pemustaka.

14.  Koleksi Muhammadiyah Corner

Koleksi Muhammadiyah Corner adalah semua bentuk rekaman, naskah, tulisan, cetakan yang berisi pemikiran tokoh-tokoh Muhammadiyah, tulisan orang lain tentang Muhammadiyah, seluruh terbitan amal usaha Muhammadiyah yang disimpan, diolah, dan dimanfaatkan secara optimal.


15.  Koleksi digital

Koleksi digital adalah jenis koleksi perpustakaan yang merupakan alih media dari bentuk cetak ke bentuk digital.

16.  Struktur organisasi

Strukur oganisasi adalah kerangka hubungan antarsatuan-satuan organisasi/lembaga yang didalamnya terdapat pejabat, tugas, kewajiban, wewenang, dan hak masing-masing sesuai perannya dalam satu kesatuan yang utuh.

17.  Akreditasi

Akreditasi adalah rangkaian kegiatan pengakuan formal oleh lembaga/badan akreditasi yang menyatakan bahwa suatu lembaga telah memenuhi persyaratan untuk dilakukan penilaian kinerja lembaga itu.

18.  Sertifikasi

Sertifikasi adalah rangkaian kegiatan untuk menerbitkan sertifikat terhadap kompetensi seseorang atau kualifikasi produk atau jasa, atau proses kegiatan lembaga yang telah sesuai dan/atau memenuhi standar yang dipersyaratkan.

 

II.    Manajemen perpustakaan

1.        Memiliki SK pendirian perpustakaan PTMA yang diterbitkan  oleh Badan Pembina Harian PTMA terkait;

2.        Struktur organisasi perpustakaan sekurang-kurangnya terdiri dari Kepala Perpustakaan, Bidang Layanan Teknis (Pengadaan, pengolahan) , Bidang Layanan Pemustaka, Layanan TIK, Kelompok Jabatan Fungsional (FGD pustakawan), Sekretariat/Tata Usaha, dan memiliki deskripsi tugas

3.        Kepala Perpustakaan bertanggung jawab langsung kepada pimpinan PTMA (rektor, ketua, direktur)

4.        Memiliki visi, misi, tujuan, dan target capaian yang mengacu visi, dan misi lembaga induknya lalu dituangkan dalam kebijakan tertulis serta disosialisasikan

5.        Memiliki program kerja jangka panjang (20 – 25 tahun), jangka menengah (5 tahun), dan jangka pendek (tahunan)

6.        Memiliki laporan kegiatan perpustakaan bulanan, triwulan, semesteran, dan tahunan

7.        Menyelenggarakan survei kepuasan pemustaka dalam layanan tertentu; peminjaman, pengembalian, kunjungan, literasi informasi, internet, layanan khusus, layanan Muhammadiyah Corner

8.        Memiliki kebijakan tertulis dalam pengembangan koleksi, pengolahan, pelayanan, promosi, anggaran, pengembangan SDM, organisasi, dan sarana prasarana

 

III. Sumber Daya Manusia

1.      Kepala perpustakaan PTMA sekurang-kurangnya berpendidikan S2 ilmu perpustakaan atau S2 bidang lain dan memiliki komitmen pada perpustakaan, informasi, dan dokumentasi.

2.      Kepala perpustakaan PTMA harus mengikuti peningkatan kompetensi berkelanjutan; diklat, magang, seminar, lokakarya dalam bidang perpustakaan sekurang-kurangnya 10 kali dalam 3 tahun terakhir

3.      Memiliki 6 orang pustakawan tetap  atau rasio 1 pustakawan untuk 1.000 mahasiswa

4.      Memiliki 3 orang  tenaga teknis (administrasi, teknologi informasi, pelaksana 3 orang atau dengan rasio 1 orang tenaga teknis untuk 500 mahasiswa

5.      Sumber daya manusia perpustakaan PTMA:

a.       Beragama Islam dan melaksanakan syari’at Islam sebagaimana dipahami       persyarikatan Muhammadiyah

b.      Mampu membaca Al Quran secara benar, baik, dan berusaha  memahaminya

c.       Aktif dalam persyarikatan Muhammadiyah (Pusat, Wilayah, Daerah,Cabang,     maupun Ranting)

d.      Tidak duduk dalam kepengurusan partai politik

e.       Berakhlakul karimah

6.      Aktif mengikuti peningkatan kompetensi berkelanjutan (seminar, bedah buku, call for paper, lokakarya,  diklat, magang, dan lainnya)

7.      Menjadi anggota organisasi profesi (Pengurus FPPTMA, FPPTI, MPI, IPI, )  

8.      Prestasi pustakawan dan/atau perpustakaan sebanyak 5 kali dalam 3 tahun terakhir

9.      Kegiatan perpustakaan melibatkan fakultas/prodi, mahasiswa, dosen sebanyak 4 kali /tahun

10.  Sumber daya manusia perpustakaan PTMA harus ditingkatkan terus menerus melalui studi lanjut, magang, diklat, peserta pertemuan ilmiah,, bedah buku dan lainnya

11.  Pustakawan PTMA diharapkan mengikuti dan lulus sertifikasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi/Perpustakaan Nasional RI

12.  Perlu diberikan penghargaan kepada pustakawan yang berprestasi sesuai kemampuan masing-masing PTMA seperti kejuaraan kepustakawanan, terpilih sebagai pustakawan berprestasi, call for paper daerah, nasional, maupun internasional

13.  Untuk meningkatkan kualitas dan kinerjapustakawan PTMA , sesuai kemampuan masing-masing PTMA hendaknya memfungsionalkan pustakawannya sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.

 

IV. Pengembagangan dan Pengolahan Koleksi

1.      Pengembangan koleksi

1.1     Memiliki kebijakan tertulis tentang pengembangan koleksi dan ditinjau kembali setiap tiga tahun sekali

1.2     Kebijakan pengembangan koleksi tertulis itu sekurang-kurangnya terdiri dari jenis koleksi, jumlah koleksi, bentuk koleksi, subjek koleksi, kemutakhiran, distribusi, dan anggaran.

1.3     Koleksi perpustakaan PTMA terdiri dari koleksi cetak maupun digital meliputi karya ilmiah, karya akademik, jurnal, buku teks, koleksi referensi, repositori, dan koleksi Al Islam dan Kemuhammadiyahan (Muhammadiyah Corner)

1.4     Melakukan survei kebutuhan koleksi yang dilakukan setiap  awal semester

1.5     Dalam pengadaan koleksi dapat dipertimbangan dari usulan pemustaka, usulan dosen, usulan prodi/fakultas

1.6     Dalam pengadaan koleksi perlu digunakan alat seleksi bahan perpustakaan seperti; masukan pemustaka, resensi buku, bibliografi, bibliografi beranotasi, katalog penerbit /publisher catalog, website, maupun toko buku

1.7     Memiliki 15.000 judul buku teks (universitas), 10.000 judul buku teks (institut/sekolah tinggi), dan 5.000 judul buku teks (akademik/politeknik)

1.8     Memiliki 600 judul koleksi referens (universitas), 400 judul koleksi referens(institut/sekolah tinggi) 300 judul koleksi referens (vokasi, akademi, diploma,politeknik )

1.9     Koleksi referens terdiri dari kamus, ensiklopedi, sumber biografi, sumber geografi, terbitan pemerintah, tebitan internasional, abstrak, indeks,  standar, bibliografi, handbook, manual, yearbook

1.9.1.         Berlangganan surat kabar 6 judul (universitas), 4 judul (institute/sekolah tinggi), 2 (akademi/vokasi/politeknik) terutama surat kabar bernafaskan Islam

1.9.2.         Berlangganan majalah 6 judul (universitas), 4 judul (institut/sekolah tinggi), 2 (akademi/vokasi/politeknik)

1.9.3.          Berlangganan jurnal ilmiah terakreditasi Kemenristekdikti 4 judul/prodi  (universitas, institut, sekolah tinggi, vokasi/politeknik/akademi)

1.9.4.         Berlangganan jurnal internasional/jurnal elektronik  4 judul/prodi (universitas, institut, sekolah tinggi, vokasi, politeknik, akademi

1.9.5.         Memiliki koleksi repositori (skripsi, tesis, disertasi, tugas akhir) 4.000 judul (universitas), 3.000 judul (institut/sekolah tinggi), 2.000 judul (akademi/vokasi/politeknik)

1.9.6.         Penambahan koleksi 4 %/tahun dari total koleksi

1.9.7.         Memiliki e-book 2.000 judul (universitas), 1.500 judul (institut/sekolah tinggi) 1.000 judul (politeknik/vokasi/akademi)

 

2.      Pengolahan dan pemeliharaan koleksi

2.1  Dalam pengolahan buku teks meliputi inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, pelabelan, penyampulan dan memiliki cadangan data tercetak

2.2  Pengolahan monograf mengikuti ketentuan baku/standar internasional

2.3  Memiliki sistem otomasi perpustakaan dan terkoneksi internet

2.4  Melakukan pencacahan (stock opname)  setahun sekali

2.5  Melakukan penyiangan (weeding) 3 tahun sekali

2.6  Melakukan pembasmian serangga/fumigasi setahun sekali

2.7  Melakukan penjilidan 1.500 eks/tahun

 

V.    Pelayanan

A.  Jenis layanan                                            layanan baca di tempat, sirkulasi,

referens, penelusuran, literasi

informasi, silang layan, penyediaan

dokumen

B.     Peningkatan layanan                              survey kepuasan pemustaka,

                                                                                    diversifikasi layanan,pelibatan

                                                                                    mahasiswa dalam layanan

            C.  Jam dan sarana akses

                1. Jam buka                                                 50 jam/minggu

                2. Sistem sirkulasi                                       otomasi

                3. Penelusuran ke koleksi                            OPAC dan katalog manual

                4. Penelusuran ke sumber informasi            online

                5. Sistem otomasi layanan                           bergabung dengan jejaring

                                                                                    Perpustakaan oline

                6. Website berisi                                          profil perpustakaa, OPAC,

                                                                                    Informasi layanan, kontak

                                                                                    perpustakaan, dan media sosial

 

                7. 90 % mahasiswa menjadi anggota perpustakaan

                8. 90 % dosen dan tenaga kependidikan menjadi anggota perpustakaan

                9. Rata-rata pengunjung secara fisik 6.000 orang per bulan dalam satu tahun

               10. Rata-rata pengunjung online sebanyak 6.000 orang per bulan dalam satu

                     tahun

               11. Rata-rata buku dipinjam sebanyak 6.000 judul per bulan dalam satu tahun

               12. Melakukan promosi melalui papan pengumuman, website, brosur, banner,

                      spanduk, brosur, leaflet, media sosial

               13.  Jenis kegiatan promosi yang dilakukan dengan penyebaran informasi,

                      penyuluhan, bimbingan pemustaka, penyiaran dll.

               14.  Menyelenggarakan bimbingan literasi informasi 8 kali/tahun

 

VI. Sarana Prasarana

A.    UNIVERSITAS

1. Gedung

1.1. Luas gedung/ruang                            1.500 m2

1.2. Luas area koleksi                                600   m2

1.3. Luas area pemustaka                          400   m2

1.4. Luas area staf                                     150    m2

1.5.Luas area lain                                      75      m2

1.6.Ketersediaan ruang                             ruang koleksi, ruang baca,ruang kerja,ruang multimeda, ruang diskusi, ruang Muhammadiyah Corner, ruang mushola, ruang sidang, kantin

2. Kondisi                                                

2.1. Kebersihan                                         seluruh ruangan sangat bersih

                                                                  dan dikelola secara baik

2.2. Pencahayaan                                      pencahayaan dengan cahaya

                                                                  alami dan cahaya buatan

2.3. Sirkulasi udara                                   sirkulasi udara semua ruangan

                                                                  baik

2.4.Lokasi                                                 letak perpustakaan strategis

                                                                  dan mudah diakses

3.Perabotan                                

3.1 Rak buku                                             75 buah

3.2 Rak jurnal                                            8   buah

3.3 Rak surat kabar                                   4   buah

3.4 Rak multimedia                                   4   buah

3.5 Rak koleksi referens                            5   buah

3.6 Rak dislplay buku baru                       4   buah

3.7 Rak audio visual                                 4    buah

3.8 Sarana penyimpan katalog                  komputer

3.9 Papan pengumuman                            4     buah

3.91 Meja baca                                          40   buah

3.92 Meja sirkulasi                                    1     buah

3.93 Meja kerja petugas                            10   buah

3.94 Kursi baca                                         100 buah

3.95 Televisi                                              5      buah

3.96 VCD dan DCD player                      10    buah

3.96 Scanner                                             7      buah

3.97  Sarana pengamanan                         loker,CCTV,pintu detektor

 

4.Perlengkapan Berbasis TIK

4.1 Komputer untuk kegiatan

       dan administrasi                                 10 buah

4.2 Kompter untuk pemustaka                  30 unit

4.3 Komputer terhubung internet             30 unit

4.4 Kapastas bandwidth                           500 MB            

                                                       

B.     INSTITUT/SEKOLAH  TINGGI

1.Gedung

1.1.Luas gedung/ruang                             1.000 m2

1.2.Luas area  koleksi                                300 m2

1.3.Luas area pemustaka                           200 m2

1.4.Luas area staf                                      100 m2

1.5.Luas area lain                                      50  m2

1.6.Ketersediaan ruang                             ruang koleksi, ruang baca,

                                                                  ruang kerja, ruang multi media,

                                                                  ruang diskusi, ruang Muhammadiyah

                                                                  Corner, ruang mushola, ruang sidang

                                                                  kantin

2.Kondisi

2.1 Kebersihan                                          seluruh ruangan sangat bersih

                                                                  dan dikelola secara baik

2.2 Pencahayaan                                       pencahayaan dengan cahaya alami

                                                                  dan sinar buatan

2.3.Sirkulasi udara                                    sirkulasi udara semua ruangan

                                                                  baik

2.4.Lokasi                                                             letak perpustakaan strategis

                                                                  dan mudah diakses

 


3.Perabotan

3.1. Rak buku                                            50 buah

3.2. Rak jurnal                                           4   buah

3.3. Rak surat kabar                                  2   buah

3.4. Rak  multimedia                                 2   buah

3.5. Rak koleksi referens                           3   buah

3.6. Rak dislpai buku baru                        2   buah

3.7. Rak audio visual                                2   buah

3.8. Sarana penyimpan katalog                 komputer

3.9. Papan pengumuman                           2   buah

3.9.1.Meja baca                                         25 buah

3.9.2.Meja sirkulasi                                   1   buah

3.9.3.Meja kerja petugas                           5   buah

3.9.4. Kursi baca                                       50 buah

3.9.5.Televisi                                             3   buah

3.9.6. Scanner                                          5   buah

 

4.Perlengkapan berbasis TIK

4.1 Komputer untuk pengolahan dan

      administrasi                                         5   buah

4.2 Komputer untuk pemustaka                15 buah

4.3 Komputer terhubung internet             15 buah

4.4 Kapasitas bandwidth                          250 MB  

 

C.    AKADEMI/Vokasi

1.Gedung

1.1.Luas gedung/ruang                             600 m2

1.2.Luas area koleksi                                 200 m2

1.3.Luas area pemustaka                           150 m2

1.4.Luas area staf                                      150 m2

1.5.Luas area lain                                      100 m2

1.6.Ketersediaan ruang                             ruang-ruang; koleksi,baca, sirkulasi,

                                                                  Muhammadiyah Corner, mushola,

                                                                  sidang, kantin

2.Kondisi                                                  seluruh ruangan sangat bersih

                                                                  dan dikelola secara baik

2.1.Kebersihan                                          seluruh ruangan sangat bersih dan

                                                                  dikelola secara baik

2.2.Pencahayaan                                       pencahayaan dengan cahaya alami

                                                                  dan cahaya buatan

2.3.Sirkulasi udara                                    sirkulasi udara semua ruangan baik

2.4.Lokasi                                                             letak perpustakaan strategis

                                                                  dan mudah diakses

3.Perabotan                                

3.1 Rak buku                                             25 buah

3.2 Rak jurnal                                            4   buah

3.3 Rak surat kabar                                   2   buah

3.4 Rak multimedia                                   2   buah

3.5 Rak koleksi referens                            3   buah

3.6 Rak display buku baru                        2   buah

3.7 Rak audio viaual                                 2   buah

3.8 Sarana penyimpan katalog                  komputer

3.9 Papan pengumuman                            2   buah

3.9.1 Meja baca                                         20 buah

3.9.2Meja sirkulasi                                    1   buah

3.9.3Meja kerja petugas                            5   buah

3.9.4 Kursi baca                                        50 buah

3.9.5Televisi                                              2   buah

3.9.6 VCD dan DCD player                     5   buah

3.9.7 Scnner                                              3   buah

3.9.8 Sarana pengamanan                         loker, CCTV, pintu detector

 

4.Perlengkapan berbasis TIK

4.1 Komputer untuk pengolahan dan

       administrasi                                        5  buah

4.2 Komputer untuk pemustaka                15 unit

4.3 Komputer terhubung internet             15 unit

4.4 Kapasitas bandwidth                          150 MB                      

 

VII.Anggaran

1.      Anggaran perpustakaan per tahun 3 milyar/tahun (universitas), 2 milyar   (sekolah tinggi/institut), 1 milyar (akademi, vokasi, politeknik) atau;

2.      Total anggaran 5 % dari total anggaran PTMA terkait

3.      Dana partisipasi masyarakat, alumni (wisudawan), perusahaan, perpustakaan lain senilai 150 juta rupiah per tahun

 

VIII.Kerjasama

1.      Kerjasama internal minimal 8 kali kegiatan dalam 3 tahun terakhir

2.      Kerjasama eksternal minimal 8 kali dalam waktu 3 tahun terakhir.

3.      Setiap perpustakaan PTMA harus menjadi anggota aktif  Forum Perpustakan Perguruan Tinggi Muhammadyah- Aisyiyah/PTMA

4.      Setiap perpusakaan PTMA harus memiliki website aktif dan tidak menginduk pada website lembaga induk

5.      Setiap perpustakaan PTMA harus mengelola repositori secara profesional

 

 

 

 

 

 

 

 

                                             Lampung, 6 Februari 2020

           Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi

                     Muhammadiyah-‘Aisyiyah

 

Ketua,                                  Sekretaris,

 

 

Lasa Hs                            Arda Putri Winata