Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Sabtu, 20 Juli 2019

PUSTAKAWAN DAN PENELITIAN KEPUSTAKAWANAN

Oleh: Nur Hasyim Latif
Pustakawan UMY
Penelitian merupakan proses menemukan kebenaran ilmu pengetahuan melalui prosedur ilmiah. Hasil akhir suatu penlitian  akan memunculkan 4 (empat) hal, yakni pendiskripsian, pembuktian, pengembangan, dan penemuan.
Penelitian bertujuan untuk mengubah hal yang pada mulanya tidak diketahui menjadi  pengetahuan yang dapat  dipahami dan dimanfaatkan. Pengetahuan dan ilmu pengetahuan memiliki arti yang berbeda. Pengetahuan belum bersifat ilmiah, namun ilmu pengetahuan sudah bersifat ilmiah.
                Di era revolusi industri 4.0 ini pengembangan ilmu pengetahuan kepustakawanan akan memiliki cakupan yang lebih luas. Untuk itu, pustakawan sebaiknya memiliki minat subjek yang spesialis. Hal ini akan mendukung lahirnya berbagai  hasil kajian, konsep, teori, dan  penelitian.
            Pustakawan sebagai tenaga profesional dan ilmuwan perlu melakukan penelitian dan kajian untuk memberikan kontribusi orisinal  keilmuan yang memiliki nilai positif dan kemanfaatan dalam kehidupan manusia. Untuk itu, pustakawan harus memahalmi prosedur penelitian yang meliputi metode penelitian kuantitatif, metode penelitian kualitatif, metode kombinsasi (mixed methods), tujuan penelitian, topik penelitian, masalah penelitian, instrumen penelitian, analisis data, dan prosedur-prosedur penelitian yang lain.
            Ruang lingkup dan ragam penelitian kepustakawanan memiliki kaitan yang erat dengan bidang lain. Sebab ilmu perpustakaan lebih dominan pada ilmu sosial. Penelitian kepustakawanan akan bermanfaat bagi pustakawan itu sendiri dalam rangka  mengembangkan profesionalisme kepusakawanan. Hal ini penting terutama dalam menghadapi pengembangan informasi dan profesi di era revolusi industri 4.0 ini. Sebab untuk pengembangan ilmu pengetahuan keputakawanan diperlukan penemuan, kajian, dan penelitian yang signifkan. Tanpa adanya pengembangan pemikiran, kajian, dan tanpa adanya penelitian, maka pengembangan ilmu perpustakaan akan mengalami stagnan dan mandul.

0 komentar:

Posting Komentar