Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Kamis, 18 Juli 2019

Pustakawan Unisa Yogya Terpilih sebagai Presenter CFP IPI di Batam Oleh: Irkhamiyati, M.IP.



Setelah melalui rangkaian proses seleksi, Irkhamiyati, M.IP, Pustakawan UNISA/Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta  terpilih sebagai 1 dari 3 peserta yang dinyatakan lolos dan layak untuk mempresentasikan papernya. Naskah paper dipresentasikan dalam CFP dan Seminar Nasional serta Rapat Kerja Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Pusat XXII di Batam. Acara berlangsung mulai 7-10 Juli 2019.
Naskah Irkhamiyati yang dipresentasikan berjudul “Gambaran Tingkat Pustakawan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/PTMA tentang Konsep Library 4.0”.  Dua presenter lainnya yaitu Taufik Abdul Ghani dari Perpustakaan Unsyiah Banda Aceh.  Dia mempresentasikan tentang “Big Data dan Penyebarluasan Pengetahuan: Pengalaman Perpustakaan Unsyiah”. Pembicara ke tiga adalah tim yang diwakili oleh Muhammad Irsyad Alfatih dengan judul Peran Kepemimpinan Dalam Transformasi Perpustakaan Umum dari Perpustakaan Nasional RI. Materi dapat diunduh di http://ipi.web.id/berita/2019/materi-seminar-ilmiah-nasional-ipi-tahun-2019/.
Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Perpustakaan Daerah Kepulauan Riau dan National Libryary Singapore. Banyak manfaat yang diperoleh dari acara ini. Pustakawan dapat saling berbagai ilmu pengetahuan agar tidak tertinggal dengan revolusi industri yang terus berkembang. Pustakawan juga bisa saling berjejaring untuk meningkatkan kemajuan perpustakaannya. Acara dihadiri oleh pustakawan dari seluruh penjuru nusantara dari Aceh sampai Papua, dan dari semua jenis perpustakaan yang ada. Yang tak kalah penting banyak pejabat dari Perpustakaan Nasional yang hadir. Begitu pula panitia IPI Pusat yang berasal dari berbagai elemen. Semua memungkinkan untuk membentuk sinergi demi kemajuan layanan perpustakaan sehingga memberi kontribusi nyata bagi masyarakat Indonesia.(Irkham-07.2019)


0 komentar:

Posting Komentar