Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 28 Juli 2019

TULUS MELAKUKAN PENELITIAN


TULUS MELAKUKAN PENELITIAN
                                          Oleh : Muhammad Erdiansyah Cholid Anjali
                                                      Pustakawan UMY

            Penelitian merupakan bentuk sumbangan pemikiran untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Untuk itu para akademisi harus melakukan penelitian, meskipun disadari bahwa setiap penelitian memiliki kesulitan.
Penelitian amerupakan tugas mulia, namun ternyata tidak semua akademisi mampu dan mau melakukan kajian dan penelitian secara tulus. Kalau toh mereka melakukan penelitian lantaran adanya tugas, demi angka kredit, tergiur anggaran, dan lain sebagainya. Penelitian seharusny didasari oleh ketulusan dan niat baik. Dengan ketulusan ini akan menghasilkan kualitas penelitian dan kadar keilmuan yang tinggi.
Hal ini ditegaskan oleh Joko Suyanto S.Sn dalam Workshop Metode Penelitian Bagi Akademisi di ISI Surakarta. Beliau menegaskan bahwa :” Tidak semua akademisi atau peneliti melakukan penelitian demi perkembangan ilmu pengetahuan. Ada yang tulus melakukan penelitian sebaik mungkin, ada pula yang hanya melakukan penelitian demi menyelesaikan tugas administrasi. Apabila penelitian hanya untuk alasan administrasi maka kadar kualitas ilmiahnya tidak akan maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar