Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Rabu, 27 November 2019

Kunjungan Setjen dan Badan Keahlian DPR RI di Perpustkaaan UMY

Selasa, 26 November 2019 Setjen dan Badan Keahlian DPR RI berkunjung ke Perpustkaaan UMY. Kunjungan tersebut dalam rangka untuk melakukan Focus Group Discussion (FGD dengan Pustakawan UMY . FGD tersebut fokus pada pembahasan Pengembangan Desain dan Konten Website Pusat Penelitian Setjen dan Badan Keahlian DPR RI. Moderator Setjen dan Badan Keahlian DPR RI Rizki Roza, S.Ip., M.Si., menjelaskan salah satu alasan mereka memilih Perpustakaan UMY dikarenakan UMY memberikan hak akses full text pada website repository, sehingga mereka penarasan apa yang melatarbelakangi hal tersebut. 
Novy Diana F. selaku Ka.Ur. Sistem Informasi dan Manajemen Pengetahuan menjelaskan bahwa UMY memberikan hak akses full text dimulai dari tahun 2016. Ada beberapa hal yang melatarbelakangi hal tersebut, yaitu :
  1. Perpustakaan UMY rutin mengadakan pelatihan literasi informasi, salah satu materinya yaitu penelusuran referensi dan teknik penulisan. Sehingga skripsi, tesis, maupun disertasi mahasiswa UMY terbebas dari plagiasi
  2. Sebelum skripsi, tesis, dan disertasi diujikan terlebih dulu diawali dengan cek similarity, sehingga hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya plagiasi.
  3. Jika skripsi, tesis, dan disertasi mahasiswa UMY ditayangkan secara full text, maka semua orang dapat mengkontrolnya, sehingga jika terdapat plagiasi maka semua orang dapat melaporkannya. Diharapkan dengan adanya kebijakan tersebut mahasiswa UMY semakin berhati-hati dalam mengerjakan karya ilmiahnya masing-masing
Dalam kesempatan itu juga dibahas mengenai bagaimana para dosen mengunggah karya ilmiah masing-masing di repository UMY, hal tersebut menjadi salah satu hal yang menarik dan diharapkan dapat diterapkan pada Website Pusat Penelitian Setjen dan Badan Keahlian DPR RI.