Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Minggu, 17 November 2019

REKOMENDASI KONFERENSI PERPUSTAKAAN DIGITAL INDONESIA (KPDI) 12 Banda Aceh, 12-13 November 2019

REKOMENDASI KONFERENSI PERPUSTAKAAN DIGITAL INDONESIA (KPDI) 12
Banda Aceh, 12-13 November 2019


Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) 12 yang berlangsung di Banda
Aceh, 12-13 November 2019 merekomendasikan hal-hal berikut:

  1. Pembangunan Bidang Perpustakaan di Indonesia telah masuk dalam arusutama Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024, melalui Prioritas Nasional Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan, yang diturunkan dalam Program Prioritas Meningkatkan Literasi, Inovasi dan Kreatifitas, melalui Kegiatan Prioritas Nasional (a). Peningkatan BudayaLiterasi dan; (b). Penguatan institusi Sosial Penggerak Literasi dan Inovasi.
  2. Sesuai dengan Arah Kebijakan dan Strategi Pembangunan BidangPerpustakaan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional2020-2024 tersebut, pembangunan perpustakaan digital di Indonesia kedepan harus disinkronisasikan melalui Rencana Strategis PembangunanPerpustakaan Digital Nasional 2020-2024, yang akan disusun oleh ForumPerpustakaan Digital Indonesia (FPDI) dan dimasukkan dalam rencana kerjaFPDI 2020.
  3. Pembangunan Perpustakaan Digital Indonesia akan diorientasikan untukmenunjang pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang unggul danberdaya saing, melalui (a). peningkatan konektifitas masyarakat terhadap berbagai sumber informasi dan pengetahuan; (b). peningkatan akses danketersediaan sumber informasi dan pengetahuan terbuka dan; (c).penguatan konteks sumber daya informasi dan pengetahuan sesuaikebutuhan informasi bagi setiap warga negara Indonesia
  4. Pembangunan Perpustakaan Digital Indonesia akan dilaksanakan secarainklusif untuk meningkatkan daya guna perpustakaan dalam meningkatkankesejahteraan masyarakat.
  5. Sesuai dengan mekanisme baku organisasi, untuk menjaminkeberlangsungan organisasi secara sehat, perlu dilaksanakan alihkepengurusan FPDI Periode 2015-2019 ke periode berikutnya. Untuk ituRapat FPDI yang berlangsung pada 12-13 November 2019 menetapkan Saudara Jonner Hasugian sebagai Ketua Forum Perpustakaan DigitalIndonesia Periode 2019-2023, dan diberikan waktu 1 bulan setelah ini untukmembentuk kepengurusan lengkap.
  6. Tema Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) 13 adalah:"Revitalisasi perpustakaan digital dalam percepatan transformasi"masyarakat informasi" menuju "masyarakat sejahtera".
  7. Tuan Rumah PenyelengaraanKonferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) 13 adalah UNS Surakarta


    Banda Aceh, 13 November 2019
    Forum Perpustakaan Digital Indonesia



    Prof. Zainal Hasibuan, Ph.D.