Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Selasa, 31 Maret 2020

MENJAGA KESEIMBANGAN : Tulisan – 2




Resep sehat menyangkut kualitas dan kuantitas makanan yang ditentukan oleh Rasulullah saw adalah tengah-tengah yakni tidak berlebihan, tidak terlalu kenyang. Dalam hal ini Rasulullah saw bersabda yang artinya:” Orang mukmin itu makan untuk memenuhi satu perut, sedangkan orang-orang kafir itu makan untuk memenuhi 7 (tujuh) perut” (H.R. Bukhari dan Muslim).
          Secara teologis, dari hadits ini dapat dipahami bahwa pola makan dapat diketahui tingkat keimanan seseorang. Orang kafir akan makan dengan tujuh lambung. Ini dapat diartikan bahwa makan sangat berlebihan itu menujukkan kerakusan, tamak, serakah, dan pemborosan.
          Kemudian berkaitan dengan perut ini, Rasulullah saw bersabda yang artinya:” Perut itu ibarat kolam air dalam tubuh manusia. Di sana ada pembuluh-pembuluh darah yang bersambung ke seluruh tubuh. Apabila perut itu sehat, maka kesehatan pula yang dibawa pembuluh darah itu ke seluruh tubuh (H.R. Abu Hurairah).
          Penjagaan perut ini besar pengaruhnya terhadap kesehatan dan keselamatan secara rohani dan jasmani. Dalam hal ini sampai-sampai Rasulullah Muhammad saw menyatakan yang artinya:”Ilmu dan akal tidak mungkin pada perut besar yang dipadati dengan makanan (Karim, 1938 dalam Ramali 1951). Memperkuat hadits ini, ’Umar bin Khattab r.a. menyatakan :”Kuasai dan kendalikan nafsu perut besarmu, karena perut itu dapat merusak jasad dan mendatangkan penyakit yang menyia-nyiakan shalat (Ramali, 1951).
Habis

Lasa Hs.


0 komentar:

Posting Komentar