Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Selasa, 30 Juni 2020

PUKIS: Pustakawan Berkisah


Judul               : PUKIS: Pustakawan Berkisah
Penulis             : Tim Ayo Menulis
Penyunting      : Ayumungil
Penerbit           : Sidoarjo, Ay Publisher, 2020
ISBN               :  978 623 7774 27 1
Tebal               : viii, 201 hlm

Pustakawan adalah satu profesi yang diakui dan bermanfaat bagi umat. Menjadi pustakawan merupakan sebuah pilihan untuk menjadikan diri bermanfaat dalam menggunakan ilmu yang dimiliki. Perjalanan menjalani sebuah profesi tidak selalu menyenangkan seperti yang diharapkan, termasuk menjadi pustakawan. Riak dan rintangan pasti akan dilalui sebagai bumbu sedapnya sebuah perjalanan. Kendala yang dihadapi akan memperkaya dan mendewasakan kita dalam bertindak dan berinovasi.
Orang akan mempunyai pengalaman yang berbeda meski dalam satu profesi. Setiap pustakawan mempunyai sisi yang unik untuk dikenang dan mungkin bermanfaat untuk dibagikan. Buku Pukis ini mengisahkan kehidupan pustakawan sebagai penyelenggara layanan perpustakaan. Pukis merupaka karya antologi dari para pustakawan yang berkenan membagikan lebih jauh kisah mereka di perpustakaan.
Pustakawan berkisah tentang apa yang dialami dalam dunia perpustakaan dimana orang menganggap perpustakaan adalah sebuah gedung dengan tumpukan bukunya. Pustakawan mempunyai berbagai kisah berada di dunia perpustakaan dengan segala dinamikanya. Beberapa pustakawan yang tergabung dalam penulisan buku ini, salah satunya adalah pustakawan UMMagelang, Jamzanah Wahyu Widayati dengan judul Menjadikan Perpustakaan “Ada” dengan Berprestasi.
Awal kisah menjalankan tugasnya sebagai pustakawan, ia merasa percaya diri dan baik-baik saja. Justru ketika beberapa waktu menjalani pekerjaan, barulah terasa realita yang dihadapi. Mulai dari fasilitas sampai pada kebijakan dan mindset sekitar tentang keberadaan perpustakaan. Pernah merasa hanya dibutuhkan saat harus mengisi angka-angka pada borang akreditasi tanpa diperhatikan proses mencapai anka untuk mengisi borang tersebut. Akhirnya penulis menyadari bahwa perpustakaan akan dapat berkembang dengan baik jika pustakawannya “cerdas”. Penulis mempunyai keyakinan dengan proses yang baik akan memberikan hasil yang baik pula. Jika hasil yang baik belum terwujud, itu menjadi bagian dari proses menuju kesuksesan. Berjuang dengan berprestasi menjadikan perpustakaan yang sebelumnya dianggap tidak ada kini menjadi penting keberadaannya.
Kisah lain juga dapat dinikmati dalam buku dari 18 penulis lainnya. Beragam kisah disajikan dengan bahasa yang santai dan memberikan pelajaran melalui pengalaman penulis. Kisah pustakawan dalam suka dukanya akan membawa kita mengembara pada kisah yang mungkin saja dialami juga oleh pustakawan lain yang belum berbagi melalui buku ini. Pustakawan yang semula kehilangan motivasi dalam menjalankan tugasnya, akan menjadi tergugah kembali untuk berinovasi. Kendala dan hambatan yang dikisahkan nikmat untuk kita resapi.
by: Jamzanah







0 komentar:

Posting Komentar