Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Jumat, 24 Juli 2020

Cara Mengirimkan Sertifikat Otomatis Melalui Google Form

Saat ini hampir setiap hari selalu diadakan webinar. Webinar ini biasanya menyediakan sertifikat elektronik yang nantinya diberikan kepada para peserta. Jika sertifikat elektronik ini dibuat secara manual, maka akan merepotkan panitia. Karena panitia harus menuliskan nama satu persatu pada sertifikat tersebut, belum lagi jika peserta webinar mencapai ratusan bahkan ribuan maka akan membutuhkan waktu yang lama.

Dalam mengatas permasalahan itu, maka panitia webinar dapat mengirimkan sertifikat otomatis melalui google form. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan :
  1. Peserta membuat form evaluasi melalui google forms. Form ini dikirimkan kepada peserta diakhir acara. sehingga peserta yang mendapatkan sertifikat adalah peserta yang mengisi forms ini.
  2. Membuat template sertifikat.
    Membuat template setifikat ini bisa dilakukan dengan berbagai aplikasi, bisa menggunakan photoshop, corel, paint bahkan juga bisa dilakukan dengan menggunakan power point ataupun ms. word. Template sertifikat ini harus dalam format gambar dengan ekstensi JPG, atau PNG.
    Dalam pembuatan template ini nama peserta dan peran peserta dikosongi terlebih dulu, karena aka diisi otomatis oleh google forms
  3. Masuk di google drive, kemudian klik upload lalu pilih sheets
  4. Lalu setting ukurannya dengan cara klik file kemudian klik page setup
Bagaimana langkah selanjutnya? akan dibahas pada artikel berikutnya ya.
Selalu kunjungi website FPPTMA untuk mendapatkan info terbaru