Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Rabu, 23 Desember 2020

Perpustakaan UMS adakan Kegiatan “Refreshing Training Turnitin Originality”

 UMSLibrary – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta menyelenggarakan Workshop pada hari Selasa (22/12/2020) dengan tema “Refreshing Training Turnitin Originality” yang diikuti oleh lebih dari 100 orang peserta yang merupakan Dosen dan Tenaga Kependidikan dari seluruh Unit dan Fakultas yang ada di di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Acara yang berlangsung selama 2 jam lebih ini memberikan paparan dan penjelasan mengenai cara penggunaan aplikasi Turnitin untuk para Instruktor yang disampaikan oleh Muhammad David Lung yang merupakan Consultan Turnitin Indonesia dan di moderatori oleh Pustakawan Senior Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Maria Husnun Nisa, S.Sos, M.A.

Plagiarisme merupakan musuh besar bagi dunia pendidikan, salah satunya dunia perguruan tinggi. Turnitin merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk menampilkan tingkat similaritas tulisan atau artikel guna menghindari plagiasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta melanggan 1000 akun Turnitin yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh sivitas akademik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muhammad David Lung menyampaikan tentang perbedaan antara Plagiarisme dan Text Similarity.  Selain itu dijelaskan pula fitur Feedback Studio yang berisi Similarity Report, Grade Mark dan ETS eRater. Berbagai fitur dan ketentuan dalam tahap pengecekan dokumen dan perbedaan User Roles salah satunya Fitur Instructor dalam aplikasi Turnitin juga tidak lupa dijelaskan dalam Webinar ini. Selain beberapa poin tadi, dijelaskan pula cara menghindari persentase similaritas yang tinggi dengan melakukan Teknik paraphrase dan penulisan kutipan atau sitasi dari sumber yang ada didalam penulisan suatu artikel atau karya ilmiah.

Banyak dari peserta yang merasakan manfaat dari webinar yang diselenggarakan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta karena bersinggungan langsung dengan kegiatan utama seluruh sivitas Universitas Muhammadiyah Surakarta yang salah satunya adalah kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah, yang harapannya akan dapat meminimalisir praktik plagiarisme.

Para peserta juga mengungkapkan bahwa perlu diadakan webinar dengan tema yang sama secara rutin dan juga diadakannya demo atau praktik langsung untuk mempermudah penggunaan Turnitin guna menunjang kemampuan berpikir dan menulis serta meminimalisir praktik plagiarisme bagi seluruh sivitas Universitas Muhammadiyah Surakarta.