Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 06 Agustus 2017

Kamus Kepustakawanan Indonesia [Resensi]

Judul          : Kamus Kepustakawanan Indonesia

Penerbit     : Yogyakarta: Calpulis (Graha ilmu, 2017)
Tebal          : xiv 712 hlm, 25 cm

ISBN          : 978-602-6576-16-3

E- ISBN      : 978-602-6576-17-0


Kamus edisi IV ini merupakan revisi dari kamus sejenis yang pemah diterbitkan oleh Kanisius (1990, 1993), Gadjah Mada University Press, (1998), dan Pustaka Book Publisher (2009), Revisi ini dilakukan terus menerus mengingat perkembangan ilmu perpustakaan, profesi pustakawan, dan masukan pemustaka. Perkembangan kepustakawanan dipengaruhi oleh perkembangan bidang lain seperti manajemen, teknologi informasi, komunikasi, psikologi sosial, budaya dan lainnya. Hal ini akan memperluas khasanah keilmuan dan profesi kita. Disini perlu adanya revisi karya berkesinambungan, disamping harus selalu meng up date diri. 

Pada edisi ini ditambahkan pengertian, teori, penemuan, pemikiran, maupun nama orang yang telah menghasilkan rekaman pemikiran dalam berbagai bidang (termasuk bidang perpustakaan) dan judulj udul buku mereka. Hal ini untuk mendorong ilmuwan dan profesional kepustakawanan untuk menulis buku. 

Bertahun kita bicara minat baca, kapan kita maju selangkah menulis (terutama buku). Kita ini miskin buku meski banyak orang berilmu. Berapa banyak lulusan sarjana (SI,S2,S3) kita dalam dan luar negeri. Tetapi berapa judul buku kepustakawanan yang terbit di negeri ini. 

Pada kamus ini juga disajikan subjek-subjek Islam agar memudahkan petugas perpustakaan dalam melakukan kegiatan klasifikasi penentuan subjek, kata kunci,dan lainnya. Juga disajikan pemikiran pengembangan klasifikasi Islam terutama pada subjek yang dikembangkan rinci menjadi Tokoh-Tokoh Muhammadiyah- Disini disajikan nomor klasifikasi untuk riwayat hidup, pemikiran oleh tentang tokoh Muhammadiyah sejak KHA Dahlan sampai Haedar Nashir Juga ada nomor-nomor klasifikasi rinci tentang Ny. Walidah (NY. Ahmad Dahlan) sampai siti Noorjanah Djohantini. 


(Lasa Hs)

0 komentar:

Posting Komentar