Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 03 Desember 2017

Kriteria Website yang Bisa dijadikan sebagai Sumber Rujukan

ciri ciri website yang kredibel

Dengan hadirnya teknologi internet, kita dengan mudah bisa memperoleh informasi tanpa adanya batasan ruang dan waktu, namun yang menjadi permasalaan adalah...... tidak semua informasi yang ada di internet tersebut bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Untuk itu, kita harus bisa memilah dan memilih, mana website yang bisa dijadikan sebagai referensi dan mana website yang tidak bisa dijadikan sebagai referensi.


Website yang Bisa Dijadikan sebagai Referensi  

Solusi mudahnya untuk bisa membedakan website mana yang bisa dijadikan sebagai referensi yaitu dengan melihat domainnya. Ketika sebuah website berdomain (beralamat) resmi, maka dipastikan website tersebut bisa dijadikan sebagai referensi. Kenapa? karena website tersbeut jelas siapa pemiliknya, sehngga jika ada kekeliruan di dalam informasi yang diposting maka yang bertanggung jawab adalah organisasi atau lembaga pemilik domain resmi tersebut


Jenis Jenis Domain Resmi

.ac.id : domain akademik
.or.id domain organisasi
.go.id atau .gov domain pemerintah
.mil.id domain militer
.edu domain pendidikan


Website apa saja yang tidak bisa dijadikan sebagai sumber referensi?

Website yang tidak bisa dijadikan sebagai sumber referensi adalah :

  1. Wikipedia
  2. Wikipedia tidak bisa dijadikan sebagai sumber referensi dikarenakan website tersebut memungkinkan siapa saja bisa mengedit informasi yang ada di dalamnya, sehingga penulisnya pun tidak jelas. Bisa dibayangkan, ketika ada informasi tentang perpustakaan (misalnya), kemudian ada orang yang backgroundnya ilmu lain yang dia itu tidak paham tentang perpustakaan. Kemudian ia mengedit informasi tentang perpustakaan tersebut. maka bisa dipastikan hasil editan tersebut kurang kredibel

  3. Blogspot.com dan Wordpres.com
  4. Kenapa blogspot dan wordpres.com tidak bisa dijadikan sebagai referensi? dikarenakan website tersebut sifatnya pribadi. Website pribadi pada prinsipnya sama seperti kita sedang membuat status di sosial media, misal di facebook, ig, twitter, dll. yang namanya status itu kan terserah sipembuat status.. iya nggak?
    Sehingga isi informasi yang ada pada website tersebut pun kurang krediel. Lalu bagaimana solusinya terkait 2 poin di atas itu?
    Kita lihat, di dalam wikipedia, atau di dalam blogspot/wordpress tersebut ada sumbernya, jika ternyata informasi yang ada di dalamnya itu ada sumbernya, dan ternata sumbernya valid, maka langsung saja menuju ke sumber tersebut.

    Ciri Ciri Website yang Bisa Dijadikan sebagai sumber Rujukan


Lalu pertanyaannya adalah, jika kita menemukan website dengan domain .com , .net, .web.id .org dan dot dot lainnya bagaimana?
Nah,, ada beberapa ciri ciri yang bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi, yaitu :

  1. Ada informasi keterangan penanggung jawab
  2. Informasi penannggung jawab pada website biasanya dibuuktikan dengan adanya menu tentang kami, about, kontak kami, contast us. Dengan adanya informasi itu, maka jelaslah pemilik website tersebut, sehingga jika ada apa apa, aka yang bertanggung jawab adalah si pemilik webste tersebut.

  3. informasi yang ada di dalamnya objektif
  4. Tau objektif kan yaa? Intinya objektif yaitu menyajikan informasi sesuai dengan fakta, tidak meebih lebihkan, dan tidak menjelek jelekkan kelompok lain.

  5. Tidak banyak iklannya


Sehingga ketika kita menemukan website dengan domain .com , .net, .web.id .org dan dot dot lainnya yang sudah memenuhi3 kriteria di atas, maka website tersebut bisa dijadikan sebagai sumber referensi.




0 komentar:

Posting Komentar