Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Kamis, 21 September 2017

Pengembangan Perpustakaan yang Signifikan

Perpustakaan akan berkembang secara signifikan apabila didukung oleh lembaga induk/masyarakat, dikelola dengan manajemen/kepemiminan yang efektif, sumber daya manusia yang memiliki kompeteni, dan anggaran yang memadai. Demikian disampaikan Lasa Hs selaku narasumber pada Seminar Efektifitas SDM Perpustakaan Khusus tanggal 20 September 2017 di R. Arjuna Gedung Perijinan Kota Yogyakarta. Diakatakan selanjutnya bahwa sumber daya manusia merupakan sumber utama dalam memajukan perpustakaan. Sebab sumber daya ini mamu menggerakkan sumber daya lain seperti anggaran, keleksi, sarana prasarana, dan lainnya. Sedangkan sumber daya lain, akan berdaya guna apabila digerakkan oleh sumber daya manusia.

Agar sumber daya manusia perpustakaan mampu berperan dalam pengembangan, maka perlu dilakukan langkah-langkah; perekrutan tenaga yang selektif, pendidikan lanjut, pelatihan, mutasi, magang, promoso, dan rotasi. Melalui peningkatan keahlan dan ketrampilan ini diharapkan petugas perpustakaan mampu bekerja optimal dengan kraetivitas dan motivasi kerja yang tinggi.



Seminar tersebut diikuti 79 peserta dari 116 perpustakaan khusus di DIY. Temu ilmiah yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan & Kearsipan Kota Yogyakarta ini juga menampilkan narasumber Moch, Mursyid dari Perpustakaan Ainun Najib.


Lasa Hs.

0 komentar:

Posting Komentar