Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Kamis, 21 September 2017

(Resensi) Biblioterapi untuk Pengasuhan

Biblioterapi sebenarnya juga merupakan bagian layanan perpustakaan. Yakni upaya pencegahan atau mengurangi sakit rohani seseorang melalui bacaan, media (music, lagu, suara) kisah agar penderita menemukan jati dirinya dan bangkit untuk menjadi lebih baik lagi. Biblioterapi ini merupakan langkah terapi yang menyenangkan dalam membentuk perilaku positif pada seseorang.

Dalam buku yang ditulis oleh Susanti Agustina seorang dosen Prodi Ilmu Perpustakaan UPI itu dikatakan bahwa menurut Monroe dalam Rubin (1979) bahwa biblioterapi adalah bagian dari rangkaian kesatuan layanan perpustakaan. Referensi, bimbingan membaca, dan biblioterapi semuanya memiliki kesamaan fungsi. Seluruhnya merupakan layanan bersifat informasi, instruksional, dan/atau kebutuhan bimbingan (halaman 52). 

Buku ini merupakan kumpuan pengalaman beliau yang telah 15 tahun lebih menekuni bidang biblioterapi ini. Beliaulah orang yang pertama kali mempopulerkan biblioterapi di Indonesia. Pengalaman dan pengetahuan beliau telah dibagi ke berbagai kota se Nusantara ini. Disamping juga telah ditulis dalam berbagai buku.Dalam upaya memajukan layanan perpustakaan dan meningkatkan diri pustakawan, maka buku yang langka ini layak dipahami oleh pustakawan dan pemerhati literasi informasi. 

Judul               : Biblioterapi untuk Pengasuhan
Penulis            : Susanti
Penerbit          : PT Mizan Publika Jakarta, 2017
ISBN              : 978-602-385-342
Tebal              : 345 hlm

0 komentar:

Posting Komentar