Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Jumat, 27 Oktober 2017

INDEKS BACA DIY TERTINGGI DI INDONESIA

Yogyakarta memang istimewa, sekurang-kurangnya bila dilihat dari pengembangan kepustakawanan dan literatur. Beberapa indikator menunjukkan kelebihan ini bila dibanding dari provinsi lain.
Fakta dan data menunjukkan bahwa beberapa prestasi kepustakawanan tiga tahun terakhir menunjukkan prestasi tersendiri. Sejak tahun 2015- 2017,  DIY pegang rekor menjadi juara nasional tentang pustakawan berprestasi, perpustakaan sekolah terbaik, perpustakaan desa, dan story telling. Belum lagi dalam tiga tahun terakhir juga meningkat perpustakaan sekolah dan perpustakaan perguruan tinggi yang terakrediasi oleh Perpustakaan Nasional. Artinya semakin banyak perpustakaan DIY ini yang telah memenuhi standar nasional.

            Indeks baca DIY tertinggi se Indonesia  juga meneguhkan  keistimewaan kota pelajar itu. Demikian disampaikan Budi Wibowo, SH., MM Kepala BPAD DIY  dalam makalahnya berjudul Perpustakaan Sebagai Pilar Literasi pada Workshop Literasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebudayaan PP Aisyiyah tanggal 14 Oktober 2017 lalu. Dijelaskannya bahwa literasi informasi yang sedang marak ini akan berjalan dengan baik apabila didukung dengan kebijakan, sumber daya manusia, sarana prasarana, dan adanya kerjasama. Untuk menciptakan budaya literet dapat dimulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat.   

Lasa Hs.

0 komentar:

Posting Komentar