Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Senin, 18 Desember 2017

Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Perguruan Tinggi


Judul        : Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Perguruan Tinggi

Penulis     : DR. Ahmad Soleh, S.Ag., M.Si

Penrbit     : Yogyakarta: LKIS, 2017

Karya doktor pertama tunanetra UIN SunanKaijaga ini merupakan bukti motivasi yang tinggi seorang penyandang disabilitas dalam meniti karir. Kekurangan seseorang ternyata tidak menjadi halangan untuk berprestasi
Buku yang diberi pegantar leh Prof  H .Abd Raman Mas’ud,  Prof. Dr. H.Musa Asy’ari, Prof. Dr. H.M.Atho Mudzhar, dan Prof. Dr. Anies Baswedan Ph.D ini termasuk buku langka. Karena memang jarang buku yang membahas tentang disabilitas, dan jarang buku ang ditulis oleh tunanetra.
Hasil penelitian yang dibukukan ini mengungkapkan fasilitas untuk disabel yang disediakan oleh 4 (empat) perguruan tinggi negeri DIY  yakni UGM, UNY,ISI dan UIN Sunan Kaijaga. Dari keempat PTN tersebut UIN Sunan Kaljaga telah memberikan fasilitas yang lebih baik kepada para penyandang disabilias . Diantara fasilitas yang disediakan oeh UIN Sunan Kaljaga itu antara lain ;1) pusat studi dan layanan disabel; 2) perpustakaan multi media untuk difabel; 3) Al Quran berhuruf Braile; 4) gedung dan ruang-ruang yang ramah difabel;5) masalah teknis yang tekait dengan layanan difabel.
Sesuai tuntutan kebutuhan maka perpusakaan perguruan tinggi perlu memikirkan penyediaan fasilitas untuk penyandang disabel ini terutama untuk tunantra, tuna rungu, dan tuna daksa Beberapa fasilitas yang perlu dipikirkan itu anta lain; koleksi berhuruf Braile, pintu, kamar kecil,,lift, ramp, dan lainnya. .   


0 komentar:

Posting Komentar