Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Senin, 11 Desember 2017

GERAKAN PERPUS MENGAJI

Sebuah perpustakaan seharusnya memiliki inovasi dalam memberikan pelayanan kepada para pengunjung. Inovasi ini dilakukan agar menarik minat pengunjung datang ke perpustakaan. Sebab, layanan yang diberikan hanya seperti tahun-tahun sebelumnya maka pemustaka akan merasa jenuh, bahkan enggan datang ke perpustakaan. Perpustakaan pusat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah menggagas layanan baru guna meningkatkan minat berkunjung ke perpustakaan yaitu “Gerakan Perpus Mengaji”.
Perpus Mengaji  yaitu layanan yang difasilitasi pihak perpustakaan untuk tadarus Al-Quran. Kegiatan ini ditujukan untuk para pemustaka yang masuk ke perpustakaan pusat UMY. Mereka diharapkan membaca Al-Qur`an beberapa ayat. Setelah selesai diharapkan mencatat tanggal, nama dan NIM yang bersangkutan, serta surat dan ayat yang dibaca. Pencatatan ini digunakan sebagai acuan bagi pembaca berikutnya.
Kamis 1 Desember 2016, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta secara resmi memulai kegiatan tersebut. Kegiatan ini dibuka langsung oleh kepala Perpustakaan UMY Bpk. Lasa Hs. Menurut beliau kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan kecintaan kita terhadap Al-Quran dan juga untuk membudayakan membaca Al-Quran setiap hari.
Pada pelaksanaannya, gerakan ini dilaksanakan setiap hari di Perpustakaan Pusat UMY Gd.D Lt.3. Perpustakaan mempersiapkan meja dan kursi khusus dengan Al-Quran. Para pemustaka bisa membaca di meja itu dengan khusyuk. Mereka yang paling banyak dan rutin membaca akan mendapatkan reward dari Perpustakaan Pusat UMY. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi pihak perpustakaan kepada pengunjung yang telah memanfaatkan layanan perpus mengaji ini.
Sebagai pembina perpustakaan perguruan tinggi Muhammadiyah-`Aisyiyah seluruh Indonesia, Perpustakaan UMY juga mengajak kepada seluruh anggota Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah (FPPTMA) untuk menyelenggarakan kegiatan serupa. Sejauh ini sudah ada Universitas Muhammadiyah Magelang dan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) yang sudah memulai kegiatan serupa. Semoga di masa yang akan datang akan banyak bermunculan perpustakaan perguruan tinggi lain yang menyelenggarakannya.
Dalam kurun waktu satu bulan, terhitung dari tanggal 1 Desember 2016 ternyata layanan ini berjalan dengan baik. Antusiasme pengunjung sangat tinggi, maka pada tanggal 9 Januari 2017 perpustakaan UMY memberikan reward kepada Nisa Azzah Z. Ia adalah seorang mahasiswi  yang tingkat membacanya paling tinggi diantara yang lain. “Berawal dari mencoba-coba dan ikut berpartisipasi. Program perpus mengaji ini mungkin dapat memotivasi mahasiswa lain untuk berlomba-lomba dalam kebaikan", Begitulah yang disampaikan Nisa Azzah Z.

Gerakan perpus mengaji sempat vakum terhitung sejak bulan Juni sampai September 2017, ini di karenakan libur semester genap dan libur hari raya Idul Fitri 2017. Kemudian pada tanggal 3 oktober 2017 gerakan perpus mengaji resmi dibuka kembali oleh perpustakaan Pusat UMY dan ternyata antusias dari para pemustaka sungguh luar biasa. Ternyata ada kerinduan dari para pemustaka akan adanya gerakan perpus mengaji ini. Para pemustakapun berharap agar gerakan perpus mengaji ini tetap berlangsung setiap hari. Disamping mencari referensi buku, pemustaka juga dapat membaca Al-Qur`an di perpustakaan, dan harapan kami pengunjung perpustakaan UMY semakin ramai dengan adanya gerakan Perpus mengaji ini.

Muhkamad Fatori
Pustakawan UMY

0 komentar:

Posting Komentar