Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Selasa, 05 Desember 2017

Kunjungan Tim Perpustakaan UM Malang ke Perpustakaan UMY

Sabtu, 3 Desember 2017, tim Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang belajar bareng terkait kegiatan Literasi Informasi yang ada di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut, diantaranya yaitu :
  1. Sejarah kegiatan literasi informasi di Perpustakaan UMY
  2. Novy selaku inisiator kegiatan Literasi InfoRMasi menjelakan bahwa, kegiatan tersebut dimulai ditahun 2013. Awalnya kegiatan ini dinamakan kegiatan Akses Jurnal, dikarenakan materi yang diajarkan pun hanya sebatas bagaimana cara mengakses jurnal yang ada di internet, namun seiring berjalannya waktu, materi yang disampaikan bertambah sehingga dinamakanlah kegiatan ini dengan kegiatan Literasi Informasi

  3. Pemasarannya
  4. Awal dilaksanakannya kegiatan ini, Novy hanya sebatas menyampaikan kepada para dosen, Ia meminta kepada dosen tersebut, jika ada kelas yang kosong lebih baik mahasiswanya disuruh ke perpustakaan untuk diajarkan jurnal online. Ternyata pemasaran dari mulut ke mulut itu berhasil. Sampai dengan saat ini Alhamdulilah setiap hari ada jadwal kegiatan literasi informasi di Perpustakaan UMY.

  5. SDM
  6. SDM dalam kegiatan Literasi Informasi terdiri dari 2 macam, yaitu trainer dan asisten. 
    Trainer merupakan seorang yang mengajar dalam kegiatan tersebut, sedangkan asisten adalah seorang yang membantu trainer dan peserta dalam memperlancar kegiatan literasi informasi. Bagi asisten yang ingin menjadi trainer, maka wajib melakukan ujian terlebih dahulu, bagi mereka yang lulus, maka barulah ia bisa menjadi trainer.

  7. Materi
  8. Literasi Informasi di perpustakaan UMY dibagi menjadi 2 tahap, yaitu :
  • Literasi Informasi 1, mempelajari tentang bagaimana mencari sebuah topik penelitain,  mencari koleksi di perpustakaan, akses database online, google dan google scholar, evaluasi kualitas sumber informasi, dsb.
  • Literasi Informasi 2, mempelajari tentang bagaimana agar terhindar dari plagiasi, mempelajari kutipan langsung tidak langsung, membuat daftar pustaka, daftar isi, daftar gambar, dan daftar tabel secara otomatis, membuat quesioner online, dsb.
    5. Evaluasi
    Proses evaluasi dilaksanakan selama 2 bulan sekali, hal hal yang dievaluasi dalam kegiatan ini meliputi materi yang disampaikan, teknik penyampaian, dsb.


0 komentar:

Posting Komentar