Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 25 Maret 2018

MARI MEMANFAATKAN PEKARANGAN Oleh Niken Wahyu


Judul Buku     : Membangun Desa dengan memanfaatkan Pekarangan & Waktu Senggang
Penulis Buku   : Usman Siswanto, Ph.D.
Penerbit           : Institute of Nation Development Studies (INDeS)
Cetakan           : Pertama, Desember 2016
Ketebalan        : viii + 126 halaman; 14 x 21 cm
ISBN               : 978-602-6472-03-8
Oleh
Hampir sebagian masyarakat di pedesaan memiliki pekarangan, hanya saja masih banyak yang belum memanfaatkan pekarangan rumah mereka, dalam buku ini penulis ingin menginformasikan kepada pembaca bahwa pekarangan rumah tidak hanya sebuah pekarangan saja, namun ternyata memiliki banyak fungsi dan manfaat apabila digunakan secara maksimal.
Penulis memberikan informasi terkait pengertian pekarangan, fungsi dari pekarangan, serta cara memanfaatkan pekarangan. Buku ini menarik karena memaparkan manfaat pekarangan secara mendetail, bahkan setiap babnya akan di bahas secara mendalam, contohnya pada bab pekarangan untuk produktivitas ekonomi. Dalam bab ini terdapat manfaat untuk budidaya sayuran, buah-buahan, apotik hidup, serta perikanan dan peternakan, tidak hanya itu penulis juga memberikan infromasi terkait apa saja tanaman yang dapat ditanam dan bagaimana cara pembudidayaannya.
Pada dasarnya pekarangan memiliki banyak fungsi, hal ini juga di paparkan oleh penulis dengan memberikan fungsi-fungsi pekarangan menurut beberapa sumber, dalam buku yang berjudul “Membangun Desa dengan memanfaatkan Pekarangan & Waktu Senggang” penulis memaparkan fungsi pekarangan secara mendetail mulai dari fungsi pekarangan untuk produktivitas ekonomi, pekarangan untuk produktivitas sosial, pekarangan untuk produktivitas budaya, serta pekarangan untuk produktivitas pendidikan.
Buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar untuk memberikan gambaran secara langsung seperti apa pekarangan dan pemanfaatannya. Sayangnya isi buku ini tidak berwarna, gambar-gambar yang disajikan berwarna hitam putih dan cenderung tidak terlihat, sehingga kurang menarik.

0 komentar:

Posting Komentar