Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Jumat, 23 Maret 2018

PELATIHAN DAN HIBAH KOMPUTER PERPUSTAKAAN UNISA YOGYAKARTA UNTUK PERPUSTAKAAN SEKOLAH


Jumat, 23 Maret 2018 bertempat di Kampus Terpadu Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, telah dilakukan pelatihan otomasi perpustakaan bagi Perpustakaan Sekolah Muhammadiyah. Pelatihan kali ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan yang sudah pernah diselenggarakan Perpustakaan UNISA Yogya satu tahun yang lalu. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Taufiqurrahman saat meberikan sambutan dan membuka pelatihan menyampaikan, bahwasannya ciri visioner Muhammadiyah sudah terlihat sejak jaman dulu. Hal itu dibuktikan dengan didirikannya Majlis Pustaka, sebagai salah satu dari empat majelis sejak berdirinya Muhammadiyah. Oleh karena itu lebih lanjut Bp.Taufiq menyampaikan bahwa bagi lembaga Pendidikan Muhammadiyah, perpustakaan harus bagus dan bisa dibanggakan.

Materi pelatihan diawali  tentang manajemen dan akreditasi perpustakaan yang disampaikan oleh Kepala Perpustakaan UMY, sekaligus Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammdiyah ‘Aisyiyah (FPPTMA), Lasa Hs. Dalam pelatihan tersebut juga dihadiri Ketua Majelis Dikdasmen PDM Sleman, Bp. Suwadi, untuk lebih mewujudkan sinergitas antar Amal Usaha Muhammadiyah ‘Aisyiyah. Materi inti dalam pelatihan ini adalah otomasi perpustakaan menggunakan SLiMS/Senayan Library Management System yang disampaikan oleh Abdul Wachid Azis, Pustakawan Perpustakaan SMA Muhammadiyah I Yogyakarta yang menjadi perpustakaan berprestasi nasional.

Waktu beberapa jam untuk mempelajari sistem otomasi perpustakaan dirasa sangat kurang, sehingga pembicara memberi kesempatan untuk berkomunikasi dan menindaklanjuti di luar waktu pelatihan. Irkhamiyati selaku Kepala UPT Perpustakaan UNISA Yogyakarta menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan wujud pembinaan terhadap Perpustakaan Sekolah Muhammadiyah di wilayah sekitar UNISA Yogyakarta sebagai perwujudan amanah dari FPPTMA. Salah satu keunggulan dari pelatihan ini adalah tidak sekedar memberikan materi saja, namun juga memberikan sarana untuk dapat mengaplikasikannya, yaitu dengan memberikan hibah seperangkat komputer baru bagi peserta. Penyerahan hibah pada sesi awal disampaikan oleh WR I kepada Perpustakaan SMA Muhammadiyah Pakem, yang langsung diterima oleh kepala sekolahnya. Penyerahan hibah komputer selanjutnya disampaikan oleh Rektor UNisa Yogya, Warsiti, yang diterima oleh Wakil Kepala Sekolah SMA Muhammdiyah Prambanan dan SMK Muhammadiyah Gamping. Rektor berharap agar pada tahun-tahun selanjutnya juga dapat dilakukan pelatihan dan hibah serupa bagi semua Perpustakaan Sekolah Muhammadiyah Se Kabupaten Sleman, untuk mewujudkan kemajuan perpustakaan dan pendidikan.(Irkhamiyati-Maret 2018).




0 komentar:

Posting Komentar