Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 25 Maret 2018

Pustakawan UMMagelang Menjadi Juara II dalam Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Kota Magelang



Pustakawan era milenial diharuskan memiliki inovasi-inovasi yang mampu untuk meningkatkan kebermanfaatan koleksi perpustakaan. Selain itu, pustakawan juga diharuskan terampil dalam mengelola perpustakaan agar bisa terus eksis ditengah pusaran kemajuan teknologi. Guna mencari bakat-bakat pustakawan berprestasi terbaik tersebut, maka Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Magelang menyelenggarakan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Kota Magelang tahun 2018 pada tanggal 21-22 Maret 2018. Tema yang diambil dalam kegiatan tersebut yaitu Bangga Menjadi Pustakawan. Lomba tersebut diikuti oleh 49 pustakawan dan pengelola perpustakaan mulai dari SD, SMP,SMA,SMK, PT, serta pengelola perpustakaan khusus. Tiga pustakawan UPT Perpustakaan UMMagelang juga ikut mengikuti kegiatan tersebut. ajang pemilihan pustakawan berprestasi Tingkat Kota Magelang Pada Tahun 2018 diharapkan menjadi tempat bagi para pustakawan khususnya di lingkungan kota magelang untuk mempresentasikan inovasi yang sudah maupun akan diimplementasikan di perpustakaan tempatnya bekerja.
Seleksi dilakukan secara bertahap. Pada hari pertama (21/3) dimulai dengan ujian tertulis yang mengeksplorasi pengetahuan peserta  tentang kepustakawanan selama 60 menit. Kemudian dilanjutkan dengan sesi pembuatan karya tulis dalam bentuk artikel populer dengan tema inovasi layanan perpustakaan dengan waktu 60 menit. Hari kedua (22/3) merupakan agenda pengumuman peserta 12 besar yang akan kemudian masuk ke sesi presentasi karya tulis dan sesi wawancara. Seleksi 12 besar didasarkan penilaian hasil ujian tulis dan pembuatan karya tulis pada hari pertama. Dua pustakawan UMMagelang yaitu Yunda Sara dan Atin Istiarni masuk dalam 12 besar yang terpilih untuk mempresentasikan karya tulisnya. Yunda mempresentasikan tentang layanan Biblioterapi yang akan diimplementasikan di Perpustakaan UMMagelang dan Atin mempresentasikan tentang Layanan Literasi Informasi yang telah berjalan di UMMagelang.
Pada akhir acara, diumumkan pemenang lomba yang berhak menjadi juara 1, juara 2, juara 3, juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3. Alhamdulillah, Yunda Sara terpilih sebagai juara 2 dalam lomba tersebut dan akan maju ke tingkat provinsi Jawa Tengah bersam pemenang 3 besar lainnya pada tanggal 2 April 2018.



0 komentar:

Posting Komentar