Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 01 April 2018

BAHAYANYA KETIDAKSEIMBANGAN PSIKOLOGIS Oleh Niken Wahyu


Judul Buku      : Pengantar Psikologi Abnormal
Penulis Buku   : Prof. Dr. Sutardjo A. Wiramihardja, Drs., Psi.
Penerbit           : Bandung; refika ADITAMA, 2015
Cetakan           : Kelima, Oktober 2017
Ketebalan        : + 226 halaman
ISBN               : 978-602-7948-57-0
            Perilaku abnormal seringkali diartikan sebagai perilaku yang berlebihan dari tingkah laku manusia pada umumnya. Dalam artian orang yang bertingkah tidak wajar, biasanya terdapat gangguan mental akibat tekanan yang terus diterimanya. Seperti halnya Montesque yang merupakan ahli politik dan pemerintahan berkebangsaan Perancis yang mengalami paranoid, yaitu sensitif terhadap kekuasaan. Hingga yang terpikir olehnya bahwa kekuasaan hanya berada pada tangan seseorang atau kelompok saja. Hal ini cukup membahayakan jika benar-benar terjadi, sehingga dapat menyebabkan pemerintahan yang diktator atau otoriter.
Pemaparan yang diberikan oleh Prof. Dr. Sutardjo A. Wiramihardja, Drs., Psi. dalam bukunya yang berjudul “Pengantar Psikologi Abnormal” bahwa terjadinya gangguan mental adalah akibat dari ketidakseimbangan emosional diri seseorang dalam menghadapi kenyataan yang terjadi.
Selain itu, buku ini juga menjelaskan bagaimana pengertian dasar dari perilaku abnormal yang terjadi pada sebagian orang. Hingga membahas mengenai berbagai macam gangguan mental berdasarkan penyebabnya, dan juga bagaimana cara menanganinya. Lalu, dipaparkan pula bahwa perilaku abnormal ini sudah seharusnya mendapatkan penanganan secara biologis dimana gangguan mental yang menyerang orang-orang tersebut karena jiwanya terguncang.
Oleh karena itu, buku ini sangat berguna bagi mereka yang ingin mengetahui dan mempelajari berbagai macam jenis gangguan mental, penyebabnya hingga bagaimana cara menangani mereka yang mengalami perilaku abnormal tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar