Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Kamis, 05 April 2018

DJARNAWI HADIKUSUMA (1920 – 1993) – Pencipta Mars Sang Surya

Putra asli KaumanYogyakarta ini adalah putra dari Ki Bagus Hadikusumo (Pahlawan Nasional RI). Pak Djarnawi juga ayah dari Dr.Gunawan Budiyanto,MP (Rektor UMY).  Beliau menjadi tokoh Muhammadiyah antara lain dari keluarga, pendidikan, dan semangat berkemajuan dengan belajar sendiri (otodidak). Beliau menempuh pendidian sejak Taman Kanak-Kanak (Bustanul Athfal) ‘Aisyiah Kauman , lalu melanjutkan sekolah di Standaardschool  (sekolah dasar, 6 tahun) Muhammadiyah, kemudian ke  Kweekschool (madrasah, 6 tahun) Muhammadiyah. Kemudian pada tahun 1935 Kweekschools ini berubah menjadi Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah sampai sekarang. Nah, selama belajar di Mu’allimin inilah, beliau juga belajar agama Islam dan  bahasa Arab kepada tokoh-tokoh Muhammadiyah seperti K.H. Siradj Dahlan (putra KHA Dahlan),H.Abdul Kahar Mudzakkir, KH Farid  Ma’ruf, KH Mas Mansyur, dan lainnya.
Setamat dari Muallimin, beliau mendapat tugas dari Persyarikatan Muhammadiyah untuk menjadi guru dan juru dakwah Muhammadiyah di Sekolah Muhammadiyah Merbau Medan Sumatera Utara.  Setelah 10 tahun lebih, beliau menjadi guru agama Islam dan juru dakwah di sana, kemudian pada tahun 1950 beliau kembali ke Yogyakarta. Kemudian beliau diangkat sebagai guru Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) 6 tahun) di Yogyakarta.
Pak Djarnawi memiliki posisi penting dalam kepengurusan Muhammadiyah dari tahun ke tahun. Beliau pernah menduduki jabatan anggota Majelis Tabligh PP Muhammadiyah sampai tahun 1962. Pada tahun 1962, beliau dipercaya sebagai Sekretaris II PP Muhammadiyah. Pada tahun 1978, beliau terpilih sebagai Sekretaris PP Muhammadiyah dan pada Muktamar Muhammdiyah ke 42 di Yogyakarta, beliau mendapat amanah sebagai Ketua PP Muhammadiyah yang membidangi Tajdid dan Tabligh yang mengkoordinasi Majelis Tabligh, Majelis Pustaka dan Informasi, dan Lembaga Dakwah Khusus.
Ternyata Pak Djarnawi juga seorang seniman antara lain telah menciptakan
Mars Sang Surya.   Buku-bukunya yang pernah terbit sebanya 24 judul antara lain:
1.     Pendidikan dan Kemajuan (1949)
2.     Derita Seorang Pemimpin; Riwayat Hidup, Perjuangan, dan Buah Pikiran Ki Bagus Hadikusumo
3.     Aliran-Aliran Pembaharuan Islam;
4.     Angin Pantai Selatan (novel, 1954);
5.     Penginapan di Jalan Sunyi (novel, 1947);
6.     Matahari-Matahari Muhammadiyah (1972)
7.     Risalah Islamiyah (1974) dan lainnya.
Beliau pulang ke Rahmatullah pada hari Selasa tanggal 26 Oktober 1990 pukul 19.30 seusai menunaikan shalat ‘Isya’. Allahu Yarham.


Lasa Hs.    

0 komentar:

Posting Komentar