Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 01 April 2018

Hari Buku Anak Sedunia?? oleh Yuliana Ramawati



Setiap tanggal 02 April disetiap tahunnya, terdapat perayaan Hari Buku Anak Sedunia. Pada tanggal ini pula bertepatan dengan hari lahir seorang sastrawan bernama Hans Christian Andersen. Dia merupakan seorang pengarang buku anak-anak yang terkenal, dan juga termasuk seorang penulis yang produktif dengan berbagai karya drama, novel, puisi hingga cerita dongeng.
Thumbelina, The Little Mermaid, The Swineherd dan The Snow Queen merupakan sebagian dari karya Hans Christian Andersen yang terkenal, karya-karyanya yang memberikan kontribusi di dunia anak-anak membuat tanggal lahirnya menjadi salah satu hari yang di peringati sebagai Hari Buku Anak.
Di Indonesia khususnya, Hari Buku Anak Sedunia juga di peringati dengan meriah, berbagai agenda anak-anak dilaksanakan, berbagai gerakan membaca di terapkan. Hari Buku Anak Sedunia diharapkan dapat menginspirasi anak-anak untuk mengambil sebuah buku dan mulai membaca. Bahkan perayaan Hari Buku Anak tingkat internasional ini dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi dan interaksi antar anak dan orang tuanya.
Sebenarnya, menumbuhkan minat baca kepada anak-anak sejak dini merupakan perkara yang sangat penting bagi setiap orang tua, karena dengan menumbukan minat baca merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan kecerdasan dan wawasan sang anak. Melalui membaca anak-anak juga bisa melatih kosa kata, melakukan interaksi verbal dan menciptakan berbagai imajinasi dari bacaan yang mereka baca. Anak-anak juga bisa mengisi waktu luangnya dengan membaca sehingga aktivitas sehari-harinya tidak hanya bermain dan menonton tv misalnya.
Bahkan manfaat membaca tidak hanya untuk anak-anak, setiap manusia dengan beragam usia, bisa mendapatkan banyak manfaat dari membaca. Seperti mengurangi stress, meningkatkan daya ingat, menambah pengetahuan, meningkatkan konsentrasi dan fokus, serta dapat meningkatkan kemampuan menulis dengan ragam kata dan makna.
Bahkan di dalam Al-Qur’an Surat Al-Alaq yang merupakan wahyu pertama diterima Nabi Muhammad SAW  dijelaskan perintah untuk membaca :
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ


Yang artinya "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan”

Oleh karena itu, Hari Buku Anak Sedunia ini cukup penting untuk di perhatikan, mari kita ajak orang terdekat kita, anak, adik, saudara, teman serta keluarga, untuk menanamkan gemar membaca sejak usia dini.

0 komentar:

Posting Komentar