Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Senin, 09 April 2018

IBNU RUSYD ( 1126 – 1198) – Filosuf, pemikir Islam dan Bapak Ilmu Kedokeran.

Ahli hukum, pemikir Islam, filosuf, dan ahli ilmu kedokteran ini di Barat lebih dikenal dengan nama Averus. Beliau lahir dengan nama Abu al Walid Muhammad bin Ahmad bin Muhammad yang lahir tahun 1126 di Kordoba. Beliau menguasai fikih, kedokteran, logika, filsafat, maupun matematika. Ia juga dikenal sebagai Penerjemah Agung (Asy Syarih al A’dzam)  lantaran jasanya sebagai komentator, menerjemahkan dan memberi penjelasan terhadap pemikiran Arisoteles, Al Farabi, Ibnu Sina, dan Al Ghazali. Dalam hal filsafat, beliau berbeda pendapat dengan Al Ghazali.
            Imam Ghazali menyatakan dalam bukunya Tahafut al Falasifah bahwa filsafat itu bisa menyesatkan manusia.  Sedangkan Ibnu Rusyd berpendapat dalam bukunya Tahafut at Tahafut  bahwa filsafat itu tidak menyesatkan manusia.
Filosuf dan pemikir terbesar dunia ini pernah menjadi qadi di Sevilla (1169) , di Kordoba (1171), dan pernah menjadi dokter istana (1182). Diantara bukunya yang terkenal adalah Al Kulliyat fi ath Thib terdiri dari 7 jilid. Di buku ini beliau sangat detail menjelaskan berbagai penyakit dan pengobatannya, pembedahan, dan peredaran darah. Karyaya dalam fiqh  adalah Bidayatul Mujtahid telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.   
Lasa Hs.

0 komentar:

Posting Komentar