LAYANAN UNGGULAN DI PERPUSTAKAAN UMS
ALTERNATIF SEBUAH PROMOSI
Oleh:
HP:
08122866707)
ABSTRAKS
Fungsi dan tujuan dari perpustakaan
perguruan tunggi adalah bersama-sama unit kerja lainnya turut serta membantu
proses pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi lembaga induknya..
Begitu pula yang dilakukan oleh perpustakaan UMS. Untuk mewujudkan tugas dan fungsi
tersebut perpustakaan UMS berbenah diri dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi
penggunanya dengan memberikan berbagai layanan unggulan. Berbagai layanan
unggulan yang ada di perpustakaan UMS antara lain: Layanan SMS Gateway, Layanan
Android, Layanan Unggah Mandiri, Layanan Jurnal Online, Layanan Turnitin dan
Layanan Peminjaman Online bagi Dosen dan Karyawan. Tujuan dari layanan ini antara
lain agar pengguna lebih mudah mengakses informasi perpustakaan dengan cepat, tepat dan akurat. Selanjutnya layanan
ini sebagai media alternative dalam melakukan promosi perpustakaan kepada
pengguna khususnya sivitas akademika UMS agar perpustakaan tidak ditinggalkan
keberadaannya.
Kata kunci: Layanan Unggulan,
Promosi Perpustakaan, Akses Informasi
PENDAHULUAN.
Perpustakaan
Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan sebuah perpustakaan perguruan tinggi
bertugas ikut serta dalam mendukung pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan
Tinggi. Perpustakaan perguruan tinggi adalah sebuah unit kerja yang
keberadaannya sangat dibutuhkan oleh lembaga induknya. Tugas dari
perpustakaan ini adalah bersama-sama
dengan unit kerja lainnya membantu dalam
melaksanakan program lembaga induknya. Sebagaimana pendapat Reitz dalam
Pemasaran Jasa Informasi Perpustakaan (2014):3.13 menyebutkan bahwa
perpustakaan perguruan tinggi merupakan bagian integral dari suatu perguruan
tinggi atau lembaga pendidilkan lainnya yang di bangun untuk memenuhi kebutuhan
informasi dan penelitian bagi mahasiswa, pengajar dan staf. Demikian pula tugas dari perpustakaan UMS
adalah untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi sivitas akademika UMS pada
khususnya dan kebutuhan informasi bagi masyarakat luas pada umumnya.
Seiring
dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perpustakaan UMS selalu
berupaya mengembangkan berbagai layanan sesuai dengan kebutuhan sivitasnya agar
tidak ditinggalkan keberadaanya. Sebagaimana disebutkan dalam visi, misi dan
tujuan dari perpustakaan UMS sendiri yaitu menjadi pusat kegiatan akademik
berbasis teknologi informasi guna mendukung program Tri Dharma Perguruan tinggi
dan memberi arah perubahan. Untuk
melaksanakan tujuan tersebut berbagai upaya telah dilakukan perpustakaan guna
memenuhi kebutuhan informasi penggunanya. Kebutuhan informasi yang diinginkan
adalah bagaimana agar pengguna dapat akses informasi secara cepat, tepat dan
akurat. Untuk mewujudkan keinginan tersebut berbagai upaya telah dilakukan
perpustakaan UMS sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
dewasa ini. Berbagai layanan unggulan berbasis
teknologi informasi dan komunikasi telah dikembangkan di perpustakaan UMS
searah dengan perkembangan teknologi terkini. Berbagai layanan unggulan yang telah
dikembangkan antara lain: Layanan SMS Gateway, Layanan Android, Layanan Unggah
Mandiri Karya Ilmiah Mahasiswa, Layanan Jurnal Online, Layanan Cek Software
Anti Plagiasi Turnitin dan yang terbaru adalah Layanan Peminjaman Online bagi dosen
dan karyawan. Berbagai inovasi di
bidangan layanan telah dikembangkan guna memenuhi kebutuhan informasi pengguna.. Upaya ini dilakukan sebagai media alternative
dalam melakukan promosi perpustakaan kepada pengguna sekaligus sebagai media
komunikasi antara perpustakaan dan pemustaka. Dengan adanya berbagai kemudahan
diharapkan pengguna bisa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber referensi
dalam segala kegiatan akademis sehingga keberadaannya tidak akan ditinggalkan.
PEMBAHASAN
Sebagaimana
disebutkan dalam visi dan misi perpustakaan UMS yaitu menjadikan perpustakaan
sebagai pusat kegiatan akademik (Central of Academic) yang berbasis teknologi
informasi dan pengembangan IPTEKS yang Islami guna mendukung Tri Dharma
Perguruan Tinggi dan memberi arah perubahan.
Meningkatkan kemampuan mengelola dan menyebarkan informasi guna
mendukung kebutuhan informasi bagi sivitas akademika UMS.
Untuk
mewujudkan visi dan misinya, seiring dengan perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi, perpustakaan UMS selalu berupaya meningkatkan jumlah dan jenis
layanan unggulan guna mempermudah penyebaran informasi kepada pengguna. Tujuan
nya tidak lain adalah untuk mempermudah pengguna dalam mengakses informasi
perpustakaan. Dengan demikian diharapkan pengguna lebih mudah menemukan
informasi yang dibutuhkan dengan cepat,
tepat dan akurat.
Beberapa
jenis layanan unggulan di perpustakaan UMS antara lain:
1.
Layanan SMS
Gateway.
Layanan SMS Gateway muncul di era
hampir semua orang mempunyai handphone. Begitu pula hampir seluruh mahasiswa
sudah menggunakan handphone sebagai media komunikasi yang paling mudah. Seiring
dengan munculnya teknologi informasi ini, perpustakaan mencoba mengembangkan
layanan baru untuk mempermudah penyampaian informasi kepada pengguna. Apa yang
bisa dilakukan perpustakaan dengan media ini agar penyampaian informasi bisa
mudah dan cepat. Akhirnya perpustakaan mengembangkan layanan barunya yaitu Layanan
SMS Gateway.
Layanan SMS Gateway berfungsi sebagai
media penghubung komunikasi data antara perangkat seluler dengan computer.
Dengan layanan ini pemustaka dapat dengan mudah melakukan transaksi
perpustakaan tanpa harus datang ke perpustakaan. Apa saja yang bisa dilakukan pemustaka
terhadap layanan sms gateway? Ada beberapa transaksi perpustakaan yang bisa
dilakukan dengan media ini, antara lain: memperpanjang masa pinjam buku,
cek denda, usulan buku, dan sebagainya. Kemudian sms dikirim ke Perpustakaan
UMS dengan nomor sms center: 085728123767.
Beberapa transaksi perpustakaan yang
bisa dilakukan dengan sms gateway, yaitu:
1. Cek
denda buku.
Kode sms:
CEKDENDA#CARDNUMBER
Contoh: CEKDENDA#A100130014
2. Cek
pinjamam buku
Kode
sms:
CEKPINJAMAN#CARDNUMBER
Contoh:
CEKPINJAM# A100130014
3. Perpanjang
masa pinjam buku
Kode sms:
RENEW#BARCODEBUKU1.BARCODE2
Contoh: RENEW#15-00022, 12-00888#
4. Cek
masa aktif kartu perpustakaaan.
2. Layanan
Android
Layanan ini bisa didownload di
android melaui play store selama terkoneksi jalinan internet. Untuk masuk ke
layanan ini menggunakan login SSO yang bisa diminta di bagian IT Helpdesk UMS.
Layanan ini pada dasarnya sama dengan layanan sms gateway kelebihannya adalah
dengan layanan android ini pemustaka bisa mengakses koleksi buku di
perpustakaan UMS melaui searching catalog yang dilengkapi dengan keberadaan
buku tersebut. Layanan ini mempermudah mahasiswa yang akan meminjam buku,
memperpanjang ataupun mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayar serta dapat
melihat informasi terbaru tentang kegiatan perpustakaan. Untuk tampilan android
bisa dilihat di gambar dibawah ini:
3. Layanan
Unggah Mandiri.
Layanan unggah mandiri adalah layanan
untuk mengunggah karya-karya hasil
penelitian dari sivitas akademika UMS yang berupa skripsi, tugas akhir, thesis
maupun desertasi yang bisa diunggah secara mandiri di repository UMS. Layanan
ini bisa dilakukan dimana saja, kapan saja selama terkoneksi dengan jaringan
internet. Kemudahan layanan ini adalah mahasiswa bisa mengunggah sendiri tapa
melalui petugas dan bisa dipublis langsung setelah diverifikasi oleh petugas
dengan syarat format yang diunggah sudah sesuai dengan ketentuan dari
universitas.
Langkah-langkah
untuk melakukan unggah mandiri adalah sebagai berikut:
1. Syarat
bisa melakukan unggah mandiri adalah harus login terlebih dahulu ke alamat:
http://unggah.eprints.ums.ac.id/,
selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut:
Untuk masuk ke system
harus mengisi Uni ID dan password terlebih dahulu. Apabila belum mempunyai Uni
ID bisa menghubungi bagian IT Helpdesk UMS.
2. Setelah mengisi Uni ID dan
password maka akan muncul tampilan seperti berikut:
Klik Repository, maka akan muncul
tampilan sebagai berikut:
Kemudian klik New Item, maka akan muncul
tampilan seperti berikut:
dan seterusnya.
2. Proses
selanjutnya adalah melakukan upload sesuai dengan panduan. Apabila sudah benar
maka petugas akan memverifikasi dan memberikan surat keterangan bukti
penyerahan karya ilmiah.
4. Layanan
Direct Acces Journals
Direct Acces Journlas
adalah layanan perpustakaan untuk akses jurnal bagi dosen dan mahasiswa dari
luar kampus melalui teknologi PPTP (Point to Point Tunnel Protocol) yang
merupakan teknologi VPN. Untuk masuk aplikasi ini silahkan ketik website
perpustakaan http://library.ums.ac.id selanjutnya
pengguna melakukan download VPN Dialler terlebih dahulu kemudian mengisi
username dan password SSO. Bagi yang belum mempunyai SSO bisa mendaftar di
bagian IT Helpdesk UMS. Selanjutnya pengguna sudah bisa akses jurnal yang
dilanggan perpustakaan UMS dari mana saja dan kapan saja selama terkoneksi
jaringan internet.
5. Layanan
Turnitin
Untuk mananggulangi
plagiasi di lingkungan UMS, perpustakaan telah melakukan berbagai cara mulai
dari pelatihan Metodologi Riset, Pelatihan Mendeley maupun pelatihan penggunan
software anti plagiasi. Kebijakan penggunaan software anti plagiasi di UMS
adalah dengan menggunakan software Turnitin. Turnitin adalah software anti
plagiasi berbasis web yang digunakan untuk mendeteksi atau melacak tingkat
kesamaan suatu karya/naskah (skripsi, thesis, disertasi, dll) dengan naskah
lainnya yang telah di publis secara umum di dunia maya serta di database
turnitin. Ada tiga akun yang disediakan oleh Turnitin yaitu instruktur untuk
dosen, Biro Skripsi maupun staf yang ditunjuk, akun student untuk mahasiswa
yang sedang menulis karya ilmiah dan akun untuk administrator (pengelola).
Bagi mahasiswa/dosen yang
menginginkan pelatihan penggunaan software ini disediakan pelatihan di
perpuspustakaan. Untuk masuk ke software ini setiap user harus mendaftar
terlebih dulu di turnitin.
Langkah-langkah melakukan
cek Turnitin:
1.
Ketik http://turnitin.com,
akan muncul tampilan sebagai berikut:
2.
Mengisi email dan
password sesuai dengan yang didaftarkan di turnitin. Selanjutnya klik login
maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
3.
Klik salah satu
class name yang bersatus aktif, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
4.
Klik submit,
selanjutnya melakukan upload sesuai dengan naskah yang akan dicek seperti tampilan
berikut ini:
Setelah
semua isian diisi kemudian klik salah satu pilihan dimana tempat menyimpan file yang akan diupload. Selanjutnya
klik upload dan seterusnya sampai muncul submit file yang nantinya akan keluar
nilai prosentase yang menunjukkan tingkat kesamaan naskah yang diupload
dibandingkan dengan naskah yang ada di database turnitin.
5.
Untuk melihat
hasil detailnya dengan melakukan klik dobel pada warna tingkat prosentase. Kemudian
akan muncul tampilan sebagai berikut:
Selanjutnya
klik tanda panah kebawah untuk mendownload dan pilih current view. Selanjutnya
akan muncul tampilan sebagai berikut yang merupakan hasil akhir proses cek
turnitin. Nilai prosentase bisa dilihat dihalaman akhir seperti gambar dibawah
ini.
6. Layanan
Peminjaman Online bagi Dosen dan Karyawan.
Layanan
ini masih dalam kategori layanan baru dan masih terbatas dikalangan dosen dan
karyawan saja. Layanan ini muncul dengan alasan bahwa selama ini statistik kunjungan dosen yang memanfaatkan
perpustakaan sangat rendah. Hal ini karena kesibukan para dosen yang sudah
habis waktunya untuk mengajar dan penelitian disamping kesibukan –kesibuakan lainnya.
Untuk mengatasi masalah ini perpustakaan berupaya mencari solusinya yang
akhirnya menemukan inovasi baru di bidang layanan yaitu layanan peminjaman
online (Online Delivery Circulation) . Untuk bisa melakukan layanan ini
syaratnya adalah dosen atau karyawan tetap yang sudah mempunyai Uni ID UMS, bagi yang belum mempunyai bisa minta di bagian
IT Helpdek UMS.
Langkah-langkah untuk masuk ke layanan peminjaman online ini
adalah sebagai berikut:
1. Masuk
ke alamat odc.library.ums.ac.id dengan login menggunakan Uni ID UMS. Maka akan
keluar tampilan seperti gambar berikut ini..
2. Ketik
judul buku yang akan dipinjam dengan menelusur di OPAC Perpustakaan UMS dengan
alamat http://library.ums.ac.id.
Klik judul buku yang diinginkan. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti
berikut:
3. Pilih
buku yang berstatus available kemudian klik
Ok.
4. Langkah
selanjutnya adalah meneruskan pesanan buku dengan memilih menu check out.
5. Langkah
selanjutnya adalah memilih alamat pengiriman yang sudah terdaftar di lingkungan
UMS.
6. Untuk
mengecek status pesanan dengan cara memilih status pesanan pada kolom sebelah
kiri.
7. Selanjutnya
petugas akan melakukan proses pencarian koleksi/buku dan mengirim kannya ke
alamat yang dituju untuk ditandatangani oleh peminjam (dosen/karyawan).
8. Proses
peminjaman buku online selesai. Untuk keluar dari system jangan lupa logout
terlebih dahulu.
PENUTUP.
Fungsi dan tugas dari perpustakaan
adalah untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka. Untuk mewujudkan
fungsinya, perpustakaan UMS berbenah diri seiring dengan kemajuan teknologi informasi
dan komunikasi dewasa ini. Langkah yang ditempuh adalah dengan melakukan
perubahan di berbagai pelayanan guna mempermudah penyampaian kebutuhan
informasi kepada pengguna. Tujuan yang diinginkan perpustakaan adalah
mempermudah penyampaian kebutuhan informasi kepada pengguna dengan cepat, tepat
dan akurat.
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Rahman
Saleh. (2014). Manajemen Perpustakaan.
Jakarta: Universitas Terbuka.
Bahrul Ulumi, dkk. (2014). Pemasaran
Jasa Informasi Perpustakaan. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Perpustakaan Universitas
Muhammadiyah Surakarta. (2017). Panduan
Peminjaman Online
Dosen dan Karyawan Universitas
Muhammadiyah Surakarta.—Surakarta: Leaflet
Perpustakaan UMS.
Tim Penulis Buku Panduan Perpustakaan
UMS (2017). Buku Panduan Perpustakaan.
Surakarta: Perpustakaan Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
http://library.ums.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/Libraryums_panduan-android.pdf (Diakses: 11 Apri 2018)
0 Komentar