Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 22 April 2018

LAYANAN UNGGULAN DI PERPUSTAKAAN UMS ALTERNATIF SEBUAH PROMOSI


LAYANAN UNGGULAN DI PERPUSTAKAAN UMS ALTERNATIF SEBUAH PROMOSI

Oleh:
(Siti Musyarofah S.I.Pust, Perpustakaan UMS. Email: sm249@ums.ac.id,
HP: 08122866707)
LAYANAN UNGGULAN DI PERPUSTAKAAN UMS ALTERNATIF SEBUAH PROMOSI

ABSTRAKS
Fungsi dan tujuan dari perpustakaan perguruan tunggi adalah bersama-sama unit kerja lainnya turut serta membantu proses pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi lembaga induknya.. Begitu pula yang dilakukan oleh perpustakaan UMS. Untuk mewujudkan tugas dan fungsi tersebut perpustakaan UMS berbenah diri dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi penggunanya dengan memberikan berbagai layanan unggulan. Berbagai layanan unggulan yang ada di perpustakaan UMS antara lain: Layanan SMS Gateway, Layanan Android, Layanan Unggah Mandiri, Layanan Jurnal Online, Layanan Turnitin dan Layanan Peminjaman Online bagi Dosen dan Karyawan. Tujuan dari layanan ini antara lain agar pengguna lebih mudah mengakses informasi perpustakaan dengan  cepat, tepat dan akurat. Selanjutnya layanan ini sebagai media alternative dalam melakukan promosi perpustakaan kepada pengguna khususnya sivitas akademika UMS agar perpustakaan tidak ditinggalkan keberadaannya.

Kata kunci: Layanan Unggulan, Promosi Perpustakaan, Akses Informasi


PENDAHULUAN.

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan sebuah perpustakaan perguruan tinggi bertugas ikut serta dalam mendukung pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perpustakaan perguruan tinggi adalah sebuah unit kerja yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh lembaga induknya. Tugas dari perpustakaan  ini adalah bersama-sama dengan  unit kerja lainnya membantu dalam melaksanakan program lembaga induknya. Sebagaimana pendapat Reitz dalam Pemasaran Jasa Informasi Perpustakaan (2014):3.13 menyebutkan bahwa perpustakaan perguruan tinggi merupakan bagian integral dari suatu perguruan tinggi atau lembaga pendidilkan lainnya yang di bangun untuk memenuhi kebutuhan informasi dan penelitian bagi mahasiswa, pengajar dan staf.  Demikian pula tugas dari perpustakaan UMS adalah untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi sivitas akademika UMS pada khususnya dan kebutuhan informasi bagi masyarakat luas pada umumnya.
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perpustakaan UMS selalu berupaya mengembangkan berbagai layanan sesuai dengan kebutuhan sivitasnya agar tidak ditinggalkan keberadaanya. Sebagaimana disebutkan dalam visi, misi dan tujuan dari perpustakaan UMS sendiri yaitu menjadi pusat kegiatan akademik berbasis teknologi informasi guna mendukung program Tri Dharma Perguruan tinggi dan memberi arah perubahan.  Untuk melaksanakan tujuan tersebut berbagai upaya telah dilakukan perpustakaan guna memenuhi kebutuhan informasi penggunanya. Kebutuhan informasi yang diinginkan adalah bagaimana agar pengguna dapat akses informasi secara cepat, tepat dan akurat. Untuk mewujudkan keinginan tersebut berbagai upaya telah dilakukan perpustakaan UMS sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini.  Berbagai layanan unggulan berbasis teknologi informasi dan komunikasi telah dikembangkan di perpustakaan UMS searah dengan perkembangan teknologi terkini. Berbagai layanan unggulan yang telah dikembangkan antara lain: Layanan SMS Gateway, Layanan Android, Layanan Unggah Mandiri Karya Ilmiah Mahasiswa, Layanan Jurnal Online, Layanan Cek Software Anti Plagiasi Turnitin dan yang terbaru adalah Layanan Peminjaman Online bagi dosen dan karyawan.  Berbagai inovasi di bidangan layanan telah dikembangkan guna memenuhi kebutuhan informasi pengguna..   Upaya ini dilakukan sebagai media alternative dalam melakukan promosi perpustakaan kepada pengguna sekaligus sebagai media komunikasi antara perpustakaan dan pemustaka. Dengan adanya berbagai kemudahan diharapkan pengguna bisa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber referensi dalam segala kegiatan akademis sehingga keberadaannya tidak akan ditinggalkan.
  
PEMBAHASAN
Sebagaimana disebutkan dalam visi dan misi perpustakaan UMS yaitu menjadikan perpustakaan sebagai pusat kegiatan akademik (Central of Academic) yang berbasis teknologi informasi dan pengembangan IPTEKS yang Islami guna mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi dan memberi arah perubahan.  Meningkatkan kemampuan mengelola dan menyebarkan informasi guna mendukung kebutuhan informasi bagi sivitas akademika UMS.
Untuk mewujudkan visi dan misinya, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perpustakaan UMS selalu berupaya meningkatkan jumlah dan jenis layanan unggulan guna mempermudah penyebaran informasi kepada pengguna. Tujuan nya tidak lain adalah untuk mempermudah pengguna dalam mengakses informasi perpustakaan. Dengan demikian diharapkan pengguna lebih mudah menemukan informasi yang dibutuhkan  dengan cepat, tepat dan akurat.

Beberapa jenis layanan unggulan di perpustakaan UMS  antara lain:
1.                  Layanan SMS Gateway.
Layanan SMS Gateway muncul di era hampir semua orang mempunyai handphone. Begitu pula hampir seluruh mahasiswa sudah menggunakan handphone sebagai media komunikasi yang paling mudah. Seiring dengan munculnya teknologi informasi ini, perpustakaan mencoba mengembangkan layanan baru untuk mempermudah penyampaian informasi kepada pengguna. Apa yang bisa dilakukan perpustakaan dengan media ini agar penyampaian informasi bisa mudah dan cepat. Akhirnya perpustakaan mengembangkan layanan barunya yaitu Layanan SMS Gateway.
Layanan SMS Gateway berfungsi sebagai media penghubung komunikasi data antara perangkat seluler dengan computer. Dengan layanan ini pemustaka dapat dengan mudah melakukan transaksi perpustakaan tanpa harus datang ke perpustakaan.  Apa saja yang bisa dilakukan pemustaka terhadap layanan sms gateway? Ada beberapa transaksi perpustakaan yang bisa dilakukan dengan media  ini,  antara lain: memperpanjang masa pinjam buku, cek denda, usulan buku, dan sebagainya. Kemudian sms dikirim ke Perpustakaan UMS dengan nomor sms center: 085728123767.

Beberapa transaksi perpustakaan yang bisa dilakukan dengan sms gateway, yaitu:
1.      Cek denda buku.
Kode sms:
CEKDENDA#CARDNUMBER
Contoh: CEKDENDA#A100130014
2.      Cek pinjamam buku
Kode sms:
CEKPINJAMAN#CARDNUMBER
Contoh: CEKPINJAM# A100130014
3.      Perpanjang masa pinjam buku
            Kode sms:
            RENEW#BARCODEBUKU1.BARCODE2
Contoh: RENEW#15-00022, 12-00888#
4.      Cek masa aktif kartu perpustakaaan.

2.      Layanan Android
Layanan ini bisa didownload di android melaui play store selama terkoneksi jalinan internet. Untuk masuk ke layanan ini menggunakan login SSO yang bisa diminta di bagian IT Helpdesk UMS. Layanan ini pada dasarnya sama dengan layanan sms gateway kelebihannya adalah dengan layanan android ini pemustaka bisa mengakses koleksi buku di perpustakaan UMS melaui searching catalog yang dilengkapi dengan keberadaan buku tersebut. Layanan ini mempermudah mahasiswa yang akan meminjam buku, memperpanjang ataupun mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayar serta dapat melihat informasi terbaru tentang kegiatan perpustakaan. Untuk tampilan android bisa dilihat di gambar dibawah ini:
             
3.      Layanan Unggah Mandiri.
Layanan unggah mandiri adalah layanan untuk mengunggah karya-karya  hasil penelitian dari sivitas akademika UMS yang berupa skripsi, tugas akhir, thesis maupun desertasi yang bisa diunggah secara mandiri di repository UMS. Layanan ini bisa dilakukan dimana saja, kapan saja selama terkoneksi dengan jaringan internet. Kemudahan layanan ini adalah mahasiswa bisa mengunggah sendiri tapa melalui petugas dan bisa dipublis langsung setelah diverifikasi oleh petugas dengan syarat format yang diunggah sudah sesuai dengan ketentuan dari universitas.
Langkah-langkah untuk melakukan unggah mandiri adalah sebagai berikut:
1.      Syarat bisa melakukan unggah mandiri adalah harus login terlebih dahulu ke alamat:
http://unggah.eprints.ums.ac.id/, selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut:
                         
Untuk masuk ke system harus mengisi Uni ID dan password terlebih dahulu. Apabila belum mempunyai Uni ID bisa menghubungi bagian IT Helpdesk UMS.
2. Setelah mengisi Uni ID dan password maka akan muncul tampilan seperti berikut:
                                                
       Klik Repository, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

         
       Kemudian klik New Item, maka akan muncul tampilan seperti berikut:
       dan seterusnya.
2.      Proses selanjutnya adalah melakukan upload sesuai dengan panduan. Apabila sudah benar maka petugas akan memverifikasi dan memberikan surat keterangan bukti penyerahan karya ilmiah.

4.      Layanan Direct Acces Journals
Direct Acces Journlas adalah layanan perpustakaan untuk akses jurnal bagi dosen dan mahasiswa dari luar kampus melalui teknologi PPTP (Point to Point Tunnel Protocol) yang merupakan teknologi VPN. Untuk masuk aplikasi ini silahkan ketik website perpustakaan http://library.ums.ac.id selanjutnya pengguna melakukan download VPN Dialler terlebih dahulu kemudian mengisi username dan password SSO. Bagi yang belum mempunyai SSO bisa mendaftar di bagian IT Helpdesk UMS. Selanjutnya pengguna sudah bisa akses jurnal yang dilanggan perpustakaan UMS dari mana saja dan kapan saja selama terkoneksi jaringan internet.

5.      Layanan Turnitin
Untuk mananggulangi plagiasi di lingkungan UMS, perpustakaan telah melakukan berbagai cara mulai dari pelatihan Metodologi Riset, Pelatihan Mendeley maupun pelatihan penggunan software anti plagiasi. Kebijakan penggunaan software anti plagiasi di UMS adalah dengan menggunakan software Turnitin. Turnitin adalah software anti plagiasi berbasis web yang digunakan untuk mendeteksi atau melacak tingkat kesamaan suatu karya/naskah (skripsi, thesis, disertasi, dll) dengan naskah lainnya yang telah di publis secara umum di dunia maya serta di database turnitin. Ada tiga akun yang disediakan oleh Turnitin yaitu instruktur untuk dosen, Biro Skripsi maupun staf yang ditunjuk, akun student untuk mahasiswa yang sedang menulis karya ilmiah dan akun untuk administrator (pengelola).
Bagi mahasiswa/dosen yang menginginkan pelatihan penggunaan software ini disediakan pelatihan di perpuspustakaan. Untuk masuk ke software ini setiap user harus mendaftar terlebih dulu di turnitin.

Langkah-langkah melakukan cek Turnitin:
1.      Ketik http://turnitin.com, akan muncul tampilan sebagai berikut:
         
2.      Mengisi email dan password sesuai dengan yang didaftarkan di turnitin. Selanjutnya klik login maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
3.      Klik salah satu class name yang bersatus aktif, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
4.      Klik submit, selanjutnya melakukan upload sesuai dengan naskah yang akan dicek seperti tampilan berikut ini:

Setelah semua isian diisi kemudian klik salah satu pilihan dimana tempat  menyimpan file yang akan diupload. Selanjutnya klik upload dan seterusnya sampai muncul submit file yang nantinya akan keluar nilai prosentase yang menunjukkan tingkat kesamaan naskah yang diupload dibandingkan dengan naskah yang ada di database turnitin.
5.                  Untuk melihat hasil detailnya dengan melakukan klik dobel pada warna tingkat prosentase. Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut:
Selanjutnya klik tanda panah kebawah untuk mendownload dan pilih current view. Selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut yang merupakan hasil akhir proses cek turnitin. Nilai prosentase bisa dilihat dihalaman akhir seperti gambar dibawah ini.


6.      Layanan Peminjaman Online bagi Dosen dan Karyawan.
Layanan ini masih dalam kategori layanan baru dan masih terbatas dikalangan dosen dan karyawan saja. Layanan ini muncul dengan alasan bahwa   selama ini statistik kunjungan dosen yang memanfaatkan perpustakaan sangat rendah. Hal ini karena kesibukan para dosen yang sudah habis waktunya untuk mengajar dan penelitian disamping kesibukan –kesibuakan lainnya. Untuk mengatasi masalah ini perpustakaan berupaya mencari solusinya yang akhirnya menemukan inovasi baru di bidang layanan yaitu layanan peminjaman online (Online Delivery Circulation) . Untuk bisa melakukan layanan ini syaratnya adalah dosen atau karyawan tetap yang sudah mempunyai Uni ID UMS,  bagi yang belum mempunyai bisa minta di bagian IT Helpdek UMS.

Langkah-langkah  untuk masuk ke layanan peminjaman online ini adalah sebagai berikut:
1.      Masuk ke alamat odc.library.ums.ac.id dengan login menggunakan Uni ID UMS. Maka akan keluar tampilan seperti gambar berikut ini..
                       
2.      Ketik judul buku yang akan dipinjam dengan menelusur di OPAC Perpustakaan UMS dengan alamat http://library.ums.ac.id. Klik judul buku yang diinginkan. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut:
3.      Pilih buku yang berstatus available kemudian klik  Ok.
4.      Langkah selanjutnya adalah meneruskan pesanan buku dengan memilih menu check out.
5.      Langkah selanjutnya adalah memilih alamat pengiriman yang sudah terdaftar di lingkungan UMS.
6.      Untuk mengecek status pesanan dengan cara memilih status pesanan pada kolom sebelah kiri.
7.      Selanjutnya petugas akan melakukan proses pencarian koleksi/buku dan mengirim kannya ke alamat yang dituju untuk ditandatangani oleh peminjam (dosen/karyawan).
8.      Proses peminjaman buku online selesai. Untuk keluar dari system jangan lupa logout terlebih dahulu.


PENUTUP.
Fungsi dan tugas dari perpustakaan adalah untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka. Untuk mewujudkan fungsinya, perpustakaan UMS berbenah diri seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini. Langkah yang ditempuh adalah dengan melakukan perubahan di berbagai pelayanan guna mempermudah penyampaian kebutuhan informasi kepada pengguna. Tujuan yang diinginkan perpustakaan adalah mempermudah penyampaian kebutuhan informasi kepada pengguna dengan cepat, tepat dan akurat.


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Rahman Saleh. (2014). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Bahrul Ulumi, dkk.  (2014). Pemasaran Jasa Informasi Perpustakaan. Jakarta: Universitas
          Terbuka.

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta. (2017). Panduan Peminjaman Online
          Dosen dan Karyawan Universitas Muhammadiyah Surakarta.—Surakarta: Leaflet
          Perpustakaan UMS.

Tim Penulis Buku Panduan Perpustakaan UMS (2017). Buku Panduan Perpustakaan.
          Surakarta:  Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta.






0 komentar:

Posting Komentar