Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Rabu, 18 April 2018

MUSIK BUKAN SEKEDAR HARMONI


Judul Buku      : Terapi MUSIK Bidang Keperawatan
Penulis Buku   : Dian Natalina, M.Mus.The
Penerbit           : Jakarta; Penerbit Mitra Wacana Media, 2013
Ketebalan        : + 71 halaman
ISBN               : 978-602-1521-42-7

            Terapi Musik adalah suatu proses yang menggabungkan antara aspek penyembuhan Musik itu sendiri dengan kondisi dan situasi; fisik/tubuh, emosi, mental, spiritual, kognitif dan kebutuhan sosial.  Pengetahuan penyembuhan berbagai penyakit dan gangguan psikologi melalui Terapi Musik telah berada sejak berabad-abad sebelum Masehi. Terapi Musik dikenal kemudian diterapkan  di Indonesia sejak tahun 2000.
            Melalui buku Dian Natalina, M.Mus. The dalam buku yang berjudul “Terapi Musik Bidang Keperawatan” memberikan pengenalan akan terapi musik, bagaimana bentuk terapi musik, faktor apa saja yang berpengaruh dalam proses terapi dan bagaimana langkah-langkah dalam proses terapi musik tersebut.
            Selain itu, buku ini juga memperkenalkan apa dan bagaimana terapi musik itu diterapkan sehingga musik bisa menjadi media dalam proses penyembuhan bukan sekedar relaksasi. Dan hal yang peling penting dari lembaran buku ini adalah bagaimana seorang terapis menggunakan alat musik dan memilih jenis musik untuk mencapai hasil akhir yang tepat bagi klien.
            Buku ini dilengkapi beberapa contoh lagu dengan dibubuhi beberapa not balok dan gambar alat - alat instrumen musik agar dapat memudahkan pembacanya dalam melakukan proses terapi musik. Diharapkan melalui buku ini, proses terapi musik akan diketahui secara menyeluruh dan lebih dikembangkan lagi di indonesia.
Niken Wahyu Rohmawati

0 komentar:

Posting Komentar