Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Senin, 09 April 2018

PEREMPUAN HARUS TAHU!



Judul Buku     : Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Perempuan: Promosi, Permasalahan dan     Penanganannya dalam Pelayanan Kesehatan dan Keperawatan.
Penulis Buku   : Dr. Yati Afiyanti,SKp., MN. & Anggi Pratiwi, SKep.
Penerbit           : Rajawali Pers
Cetakan           : Pertama, Juni 2016
Ketebalan        :  xx, 192 halaman; 23 cm
ISBN               : 978-979-769-951-2
Seksualitas serta reproduksi perempuan memang masih sering di anggap tabu oleh sebagian orang di Indonesia, padahal semestinya informasi mengenai masalah kesehatan  seksualitas dan reproduksi perempuan sangat penting untuk diketahui. Karena informasi tersebut dapat membantu perempuan untuk mencegah terjadinya berbagai macam masalah reproduksi yang kerap dialami oleh wanita di Indonesia.
Buku ini ditulis oleh Dr. Yati Afiyanti,SKp., MN. & Anggi Pratiwi, SKep. Kedua penulis merupakan lulusan pendidikan ilmu Keperawatan, sehingga buku ini dapat menjadi sumber belajar bagi mahasiswa keperawatan terkait sistem reproduksi perempuan. Meskipun buku ini ditulis secara khusus untuk perkembangan ilmu kesehatan dan keperawatan pada area kesehatan perempuan, namun secara umum buku ini dapat menjadi sumber belajar bagi para perempuan yang memiliki kepedulian terhadap kesehatan reproduksi, seksualitas dan permasalahannya dalam rangka mencegah diri dan keluarganya untuk mencegah dari masalah-masalah tersebut.
Belajar mengenai kesehatan reproduksi dan seksual perempuan merupakan bahasan yang menarik untuk dipelajari secara mendalam dengan berbagai alasan. Alasan pertama perempuan memiliki masalah reproduksi yang lebih kompleks dibandingkan laki-laki, hal ini karena perempuan menjalani fungsi multiperan, yaitu fungsi reproduksi, fungsi produksi, dan fungsi merawat dan mengasuh keluarga. Saat menjalankan fungsi reproduksi yaitu hamil, melahirkan dan setelah melahirkan perempuan memiliki resiko besar mengalami kesakitan dan kematian. Alasan yang kedua, kebanyakan perempuan memiliki sifat tertutup dan malu-malu dalam mengungkapkan masalah reproduksinya. Kemudian alasan selanjutnya adalah fakta sebagian besar kaum perempuan masih memiliki pengetahuan yang terbatas terkait pemeliharaan kesehatan reproduksi dan seksual sehingga mereka kurang menyadari pentingnya memelihara kesehatan reproduksi.
Oleh karena banyaknya alasan pentingnya mempelajari seksualitas dan kesehatan reproduksi wanita, buku dengan tebal 192 halaman ini memberikan informasi dengan lengkap terkait kesehatan reproduksi perempuan, permasalahan pada organ reproduksi dan seksualitas perempuan, pencegahan, pengobatan serta penangannnya.
Niken Wahyu Rohmawati







0 komentar:

Posting Komentar