Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Kamis, 05 April 2018

WAJIB KUTIP ARTIKEL JURNAL INTERNASIONAL


 Untuk meningkatkan kualitas penulisan karya akademik (skripsi, tesis, disertasi, dll) kini UMY sedang menggalakkan pemanfaatan sumber-sumber ilmiah elektronik antara lain melalui pelatihan Literasi Informasi. Literasi informasi  ini berjalan efektif antara lain didukung oleh prodi, fakultas, dan pimpinan UMY. Kegiatan  ini harus diikuti  mahasiswa S1, S2 mauun S3 yang akan menyusun karya akademik (skripsi, tesis, disertasi). Mahasiswa S1  yang mengambil mata kuliah Metodologi Penelitian harus mengikuti kegiatan Literasi Informasi ini. Apabila perkuliahan Metopen ini berlangsung 14 kali pertemuan, maka sekali bahkan dua kali pertemuan diisi oleh Perpustakaan UMY dengan materi Literasi Informasi, metode penulisan, Zotero, Mendelay dan lainnya.
Hari Rabu tanggal 4 April 2018 di Gedung KH Ibrahim Lantai V UMY berlangsung Pelatihan Literasi Informasi dan Penulisan bagi 300 mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP UMY. Materi Literasi Informasi disampaikan oleh Novi Diana Fauzi dkk, sedangkan penulisan ilmiah disampaikan oleh Dr. Zuly Qodir.
            Dalam kesempatan itu, Lasa Hs selaku Kepala Perpustakaan UMY mengingatkan bahwa
sesuai keputusan Rektor UMY, maka setiap penulisan skripsi harus mengutip artikel 10 jurnal nasional/internasional, penulisan tesis harus mengutip artikel 20 jurnal internasional, dan penulisan disertasi harus mengutip 30 artikel jurnal internasional. Dikatakan selanjutnya bahwa kini sumber-sumber informasi/e-resources (e-book maupun e-journal) tersedia di website Perpustakaan UMY maupun di Perpustakaan Nasional RI. Oleh karena itu semua sivitas akademika UMY diharapkan menjadi anggota PNRI yang proses keanggotaannya dapat dibantu pustakawan se UMY. Hal ini didasarkan bahwa UMY telah menjalin kerjasama/MOU dengan Perpustakaan Nasional RI.


Lasa Hs

0 komentar:

Posting Komentar