Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Kamis, 24 Mei 2018

PEMANFAATAN APLIKASI ANTIPLAGIASI DALAM MEMINIMALISIR TERJADINYA PLAGIASI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA/UMY


Eko Kurniawan (UMY); Umi Fatimah (UIN Suka);
 M. Jubaidi (UMY)
Abstrak
Teknologi internet yang berkembang pesat memberikan danmpak yang positif bagi penggunanya. Pengguna dapat dengan mudah dan dapat mencari informasi yang mereka cari tanpa dibatasi ruang dan waktu. Namun demikian, di balik dampak positif juga terdapat dampak negatif. Yakni munculnya pribadi yang instan dan cenderung melakukan copy paste terhadap sumber inbformasi yang telah didapatkan. Dari sini, maka muncullah tindaKan plagiarism. Dalam kaitan ini, Unversitas Muhammadiyah Yogyakarta telah 2 (dua) tahun menerapkan apliksi anti lagiasi dalam meminimalisir terjadinya plagiasi di lingkungan sivitas akademika UMY. Untuk itu dalam makalah ini akan dibahas bagaimana praktik dan pemanfaatan aplikasi tersebut.
Makalah ini disusun menggunakan metode kualitatif sedangkan hasil peneliitan menytakan bahwa pemanfaatan aplikasi anti plagiasi di UMY sangat efektif. Hal ini disebabkan bahwa dengan adanya aplikasi ini sivitas akademika UMY tidak serta merta bisa melakukan copy paste terhadap sumber-sumber informasi yang didapatkan. Hal ini bisa terjadi karena ada aturan Rektor UMY yang mewajibkan kepada sivitas akademika untuk mengecek karya ilmiah mereka melalui aplikasi tersebut.
Kata kunci : Plagiasi; Aplikasi anti Plagiasi Turnitin.



0 komentar:

Posting Komentar