Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Kamis, 24 Mei 2018

PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KOMUNIKASI NONVERBAL PUSTAKAWAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA


Arda Putri Winata
Abstrak
Pustakawan menjadi jembatan penghubung pemustaka dengan kebutuhan mereka. Komunikasi sangat memengaruhi hal tersebut. Komunikasi yang efektif yakni ketika komunikasi verbal selaras dengan komunikasi nonverbal. Melihat pentingnya komunikasi, maka perlu dilakukan kajian untuk menilai persepsi pemustaka terhadap komunikasi nonverbal pustakawan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa baru angkatan 2017-2018 dari berbagai prodi sebanyak 50 orang.
Berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada 50 (lima puluh) mahasiswa baru tahun akademik 2017-2018 didapatkan hasil bahwa: 1. Dari segi penekanan intonasi suara pustakawan, sebanyak 23 % mahasiswa setuju; 2. Dari penampilan fisik sebanyak 33 % mahasiswa merespon setuju (baik); 3) Sebanyak 15 % mahasiswa dengan gerakan; 4. Sebanyak 21 % setuju dengan variabel ekspresi wajah dan kontak mata, namun sebanyak 8 % mahasiswa memberikan respon yang kurang positif terhadap beberapa indikator komunikasi nonverbal pustakawan UMY.
Kata kunci: Komunikasi Nonverbal. Pustakawan. Persepsi. Perpustakaan.


0 komentar:

Posting Komentar