Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Senin, 04 Juni 2018

KOMPETENSI BAHASA INGGRIS PUSTAKAWAN PTMA DI ERA DIGITALISASI INFORMASI DAN TEKNOOGI


Ari Fatimah Aisyah
                        Pustakawan Universitas Muhammadiyah Suakarta
                                                      ABSTRAK
Semakin maju ilmu penetahuan dan teknologi informasi, pustakawan perguruan tinggi dituntut untuk lebih profesional, berpengetahuan, dan berketrampilan tinggi. Kinerja yang profesional akan mendukung kinerja perpustakaan dalam menunjang Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah, yakni Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat
            Sebagai pengelola informasi, pustakawan perlu meningkatkan citranya dari penjaga buku (books guardian) menjadi manajer informasi disamping harus berpengatahuan luas. Melalui peningkatan citra dan pengetahuan ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja mereka terutama dalam layanan perpustakaan.
            Kompetensi dan komitmen dapat diperoleh melalui perjuangan internal dan eksternal. Secara internal, pustakawan dapat mengembangkan karakter ke target yang telah ditetapkan dalam indikator kinerja. Kemudian secara eksternal, pustakawan harus menguasai kompetensi ilmu pengetahan, kemampuan beradaptasi dengan kemajuan teknologi informasi, sikap profesionalisme, dan ketrampilan komunikasi termasuk kemampuan berbahasa Inggris.
Kata kunci : Kompetensi.Pengembangan diri. Komunkasi.Kemampuan BerahasaInggris.


0 komentar:

Posting Komentar