Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Selasa, 05 Juni 2018

MEMANFAATKAN DAN MENGEMBANGKAN JARINGAN KERJASAMA PERPUSTAKAAN PTMA DI SUMATERA BAGIAN SELATAN


Oleh : Ir. Genot Agung Busono, M.Si.
Kepala Perpustakaan UM Palembang, Jl.A.Yani 13 Ulu Plaju
                                               e-mail: genot2011@yahoo.co.id
ABSTRAK
Rumusan masalah dalam artikel ini  adalah bagaimana memanfaatkan dan mengembangkan jaringan kerjasama perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah/PTMA  khususnya di wilayah Sumatera Bagian Selatan.Dengan adanya jaringan ini diharapkan saling terhubung dan terintegrasi.Melalui integrasi ini  perpustakaan perguruan tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah menjadi perpustakaan yang  kuat, memiliki sumber informasi yang lengkap, memiliki koleksi lokal/local content yang variatif. Melalui jaringan ini, sumber informasi dapat dimanfaatkan secara bersama-sama. Diharapkan, dengan bekerjasama  perpustakaan  PTMA akan menjadi efektif dalam pengembangan dan penggunaan koleksi  serta efisiensi dalam penggunaan anggaran biaya.
Metode dalam penulisan adalah menggunakan studi literatur yaitu mengambil sumber-sumber dari internet, website, beberapa jurnal, dan buku-buku yang berhubungan dengan topik tersebut.
Bentuk kerjasama antar jaringan perpustakaan dimulai dengan melakukan koordinasi yang baik, kemudian melakukan kesepakatan dan pemahaman dalam penyeragaman  software, dilanjutkan dengan penyediaan infrastuktur elemen, seperti perangkat keras/hardware, perangkat lunak/software, dan manusia /brainware yang handal.

Kata kunci: Koordinasi. Standar Metadata, Jaringan, Kerjasama, Interoperabilitas.



0 komentar:

Posting Komentar