Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 24 Juni 2018

SHIYALI RAMAMRITA RANGANATHAN; Pencetus Five Laws of Library Sciences dan Klasifkasi Colon.


Pustakawan India ini lahir 9Agustus 1892 di Shiyali Distrik Tanjavor Madras India. Putra Ramamrita Ayyar ini sebenarnya  ahli matematik yang juga banyak menulis tentang kepustakawanan. Beberapa penemuannya antara lain; Colon Classification /CC, Five Laws of Library Sciences. Ayahnya seorang budayawan dan tuan tanah. Ibunya bernama Seethalashmi  Ranganahan sebagai anak tunggal.
Dalam pembentukan pribadi dan pencapaian karir, Ranganathan banyak dipengaruhi oleh kakeknya yang juga seorang guru bernama Sabha Ayyar, dan kedua gurunya . Ia adalah seorang yang cerdas yang kebetulan pada tahun 1907 – 1909 dia mengalami penyempitan pembuluh darah dan anemia. Dengan demkian beliau tidak dapat duduk dan tidakbisa membaca. Temannyalah yang membacakan buku-buku pelajaran padanya dan hanya melalui pedengaranlah beliau menyerap ilmu pengetahuan.Meskipun demikian, beliau mendapat gelar sarjana muda (vokasi) dari Intermediate College Madras dan pada tahun 1916 berhasil menggondol gelar Maser of   Art. Kemudian ia menjadi staf pengajar di Akademi Pemerintahan Mangalore dan Akademi Pemerintahan Coimbatore. Ketika berkunjung ke Inggris, beliau menyempatkan diri untuk berkunjung ke 100     perpustakaan di sana. Hasil kunjungan ini kemudian hari sebagai modal perbaikan kepustakawanan di  India.
          Prestasinya di bidang perpustakaan dimulai tahun 1924 sebagai pustakawan di Universitas Madras.Kemudian pada tahun 1930 Ranganathan menjadi anggota Library Association dan pernah mendapatkan penghargaan dari School of Librarianship dari University College. Beliau menjadi pustakawan di University of Madras tahun 1944, lalu diangkat sebagai profesor perpustakaan di Benares Hindu University (1945 – 1947) serta sebagai profesor kehormatan pada Vikram University Mijain (1957 – 1959).
    Dalam pengembangan Sistem Colon, beliau mengembangkan sistem faset yang sebenarnya merupakan perluasan dari sistem klasifikasi DDC, UDC, maupun Bliss Bibliograpic Classification Indeks berantai yang dikembngkannya  merupakan simbolis antara klasifikasi dan subjeks indeks . Pemikirannya untuk mengembangkan sistem kepustakawanan cukup besar antara lain beliau ingin adanya  jaringan perpustakaan nasional yang dapat diikuti semua perpustakan. Pada tahun 1956, beliau menerbitkan Annals of Library Sciences dan pada tahun 1956 menerbitkan Library Science With a Slant to Documentaion dan sekaligus beliau sebagai editor dua jurnal tersebut.
Karya tulis yang diwariskan kepada generasi penerus kepustakawaan antara lain; 1) Classification Catalog Code; 2) Chain Procedure;3) Theory  of Books Selection; 4) Library Administration and Management; 5) Long Range Reference Service; 6) Organzation of Library and Information Systems; 7) Library Housing ; 8) Colon Classification 9) Five Laws of Library Sciences. Bapak Pustakawan India ini  meninggal dunia pada tanggal     27 September 1972.    
(Sumber : Kamus Kepustakawanan Indonesia,2017)
Lasa Hs

0 komentar:

Posting Komentar