Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Selasa, 10 Juli 2018

IKHLAS, MELURUSKAN NIAT Bagian 3


  1. Manusia bukan pemilik surga dan neraka
Apabila  orang menyadari bahwa orang-rang yang dijadikan tujuan amalnya (baik karena ingin ujian atau balasan dari mereka) akan sama-sama dihisab oleh Allah Swt.Mereka sama-sama besok akan berada di Padang Mahsyar untuk menerima hasil/nilai amal dan perbuatan mereka.
Mereka itu tidak bisa saling mendorong untuk memasukkan seseorang  ke surga. Mereka pun tidak isa secara kelompok mencegah seseorang dari siksa api neraka. Dalam hal ini Ibnu Rajab dalam kitabnya Jamiul Ulum wal Hikam menyatakan “ Barang sapa yang berpuasa, shalat, berdzikir kepada Allah dan dia maksudkan amalan-amalan itu untuk mendapatkan dunia, maka tidak ada kebaikan dalam amalan-amalan tersebut  sama sekali Amalan-amalan tersebut tidak manfaat baginya, bahkan hanya akan menyebabkan dosa”..   
  1. Ingin dicintai Allah dan manusia
Apabila seseorang beramal semata-mata denan  niat lurus mencari ridha Allah, maka akan dicinati Allah dan manusia. Dalam hal ini Allah Swt tegaskan dalam  Q.S Maryam:  96 yang artnya: Sungguh, orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak (Allah) Yang Maha Pengasih akan menanamkan  rasa kasih sayang (dalam hati mereka)”.
Dalam ayat tersebut Allah menjelaskan bahwa Allah akan menanamkan kasih sayang kepada hati-hati orang-orang yang beriman dan beramal saleh. Yakni amalan-aman yang diniatkan ikhlas demi Allah semata.
  1. Takut amalnya tidak diterima
Saking hati-hatinya, seorang yang beramal ikhlas itu khawatir jangan-jagan amalnya itu tidak diterima oleh Allah Swt. Dalam hal ini Allah Swt  berfirman dalam Q. S. Al Mu’minun: 60  yang artinya: “ Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka”.
Pada ayat tersebut, Allah menjelaskan bahwa diantara sifat-sifat orang mukmin adalah mereka yang memberikan suatu pemberian, namun mereka takut tidak diterima amal perbuatan mereka itu. 
            Lasa Hs
            (Habis)

0 komentar:

Posting Komentar