Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Kamis, 05 Juli 2018

OPTIMALISASI PEMANFAATAN AKSES DIGITAL REPOSITORY DALAM MENUNJANG TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)


Aidilla Qurotianti1*, Fifin Rokhimatun2*
1Perpustakaan UMY / e-mail: aidila_qurotianti@yahoo.co.id
2Perpustakaan UMY / e-mail: fifinrokhimatun@gmail.com


ABSTRAK

Kemajuan era digital membuat masyarakat khususnya mahasiswa mengandalkan pencarian sumber referensi melalui internet yang dinilai praktis dan efisien. Tingkat mobilitas di kalangan mahasiswa yang cukup tinggi membuat mereka dimudahkan dalam mencari informasi menggunkan internet. Dunia Perpustakaan harus mengikuti arus zaman sehingga Perpustakaan UMY hadir dalam memberikan fasilitas digital repository yang dapat diakses dengan mudah, tepat dan efisien.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi pemanfaatan akses digital repository dalam menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa optimalisasi pemanfaatan akses digital repository dalam menunjang Tri Dharma Perguruan tinggi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dilakukan berbagai cara, antara lain melalui: 1) Leaflet dan X-Banner, 2) Sosialisasi, 3) Media Sosial, dan 4) Literasi informasi. Usaha dalam mengoptimalkan digital repository akan sangat membantu dalam pencapaian Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Kata kunci : Digital repository, tri dharma perguruan tinggi, pendidikan, sumber daya manusia

0 komentar:

Posting Komentar