Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Senin, 30 Juli 2018

SOERONO WIROHARDJONO;Perintis Pers Muhammadiyah


Nama Soerono tidak bisa dipisahkan dengan terbitan Adil. Yakni koran terbitan Persyarikatan Muhammadiyah. Putra Solo ini lahir tgl. 11 Desember 1910 dari kalangan Muhammadiyah. Isterinya seorang pengurus ‘Aisyiah di Solo, dan dia sendiri semasa muda aktif sebagai anggota Pemuda Muhammadiyah, disamping juga aktif di Hizbul Wathan/HW. Saking cintanya pada HW pada saat menunaikan ibadah haji, beliau memakai seragam HW.
            Dalam menapaki karirnya memang penuh lika-liku. Semula ia sebagai guru dan pamong praja. Akan tetapi ia lebih tertarik pada bidang jurnalistik dan mengawali karirnya sebagai korektor. Dalam melaksanakan tugasnya itu ia sering ikut mencari berita untuk Adil.
            Pak Soerono ini secara formal tidak memiliki pendidikan jurnalistik. Dengan kegigihannya, beliau belajar sendiri dalam bidang ini melalui banyak membaca, pengalaman langsung, dan berguru kepada Syamsuddin, Soetan Mansur, Soediarjo Tjokrosiswoyo, dan Firdaus Harun Al Rasyid.
            Mengenai penerbitan koran Adil sebenarnya merupakan realisasi keputusan Kongres/Muktamar Muhammadiyah ke 21 pada tahun 1932 di Makasar. Salah satu keputusan itu ialah perlu diterbitkan publikasi yang bernapaskan Islam di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah. Kemudian tugas ini diberikan kepada Konsul Muhammadiyah Surakarta. Saat itu Soerono sebagai korektor, H.M. Moeljadi Djojmartono (pernah  menjadi Menteri Sosial RI) sebagai Direktur, dan Syamsuddin Sutan Mansur (pernah menjadi Penerangan RI) sebagai Pimpinan redaksi, dan Soejitno sebagai Redaktur Pertama. Soejitno ini meninggal pada clash ke 2 ditembak Belanda di dekat Sraagen yang saat itu ia menjabat sebagai Kepala Jawatan Penerangan setempat.
            Adil yang terbit pertama kali pada tanggal 1 Oktober 1932 itu merupakan salah satu di antara dua pers Indonesia yang terbit sebelum Perang Dunia Kedua. Penerbitan lain adalah Panjebar Semangat yakni terbitan berbahasa Jawa yang terbit di Surabaya.Majalah berbahasa Melaju (Indonesia) dan bahasa Jawa  ini terbit pertama kali pada tanggal 2 September 1933 didirikan oleh doktor Soetomo. Majalah ini sejak terbit pertama kali dipimpin oleh Imam Soepardi, seorang mantan guru yang kemudian menjadi anggota redaksi Soera Oemoem dan beliau meninggal tahun 1963.
            Media dakwah Islam ‘Adil ini semula terbit dengan tiras 500 eksemplar sebagai harian pagi. Resiko yang dihadapi sebagai media yang terbit harianm saat itu memang berat dan akhirnya Adil tak mampu terbit sebagai harian. Dengan idealisme tinggi dan misi dakwah yang membara, terbitan ini tetap dipertahankan dalam bentuk terbitan mingguan. Bberapa terbitan Adil masih tersimpan di Muhammadiyah Corner Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.  

Lasa Hs


0 komentar:

Posting Komentar