Aidilla Qurotianti
(Perpustakaan Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta)
*Korespondensi: aidila_qurotianti@yahoo.co.id
ABSTRAK
Dalam meningkatkan nilai
integritas suatu instansi atau perusahaan, diperlukan sumber daya manusia yang
memadai dan berkualitas agar dapat memajukan dan mengembangkan instansi dan
perusahaan tersebut, termasuk perpustakaan.
Sumber daya manusia perpustakaan dituntut untuk memberikan pelayanan
yang prima kepada para pemustaka guna memenuhi kebutuhan dan keinginan
pemustaka tersebut. Namun sayangnya masih ada beberapa pustakawan yang belum
memahami penerapan pelayanan prima di perpustakaan, sehingga diperlukan adanya
pengembangan sumber daya manusia perpustakaan yang dilaksanakan oleh sebuah
instansi. Salah satu perpustakaan yang menerapkan pengembangan sumber daya
manusia yaitu perpustakaan perguruan tinggi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(UMY). Perpustakaan UMY selalu berusaha untuk mengembangkan kemampuan dari para
pustakawan maupun staf tenaga perpustakaan agar dapat memajukan perpustakaan
UMY menjadi perpustakaan perguruan tinggi yang unggul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan sumber daya manusia perpustakaan
dalam menerapkan pelayanan prima di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta (UMY). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan
metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan sumber daya
manusia (SDM) yang diterapkan di perpustakan Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta (UMY) yaitu meliputi studi lanjut pendidikan formal maupun non
formal, pelatihan, rotasi, dan penyertaan pada kegiatan kepustakawanan seperti
pertemuan ilmiah, seminar, workshop, lomba kepustakawanan, dan call for paper.
Keywords: Human
Resources; Library; Librarian; Service Excellence; Education.
0 Komentar